BLANTERWISDOM101

Tech of the Week: Konsep "Ponsel Aneh" Memanas Kembali

21 November 2020
TTW: Konsep Ponsel Aneh Memanas Kembali

Oy guys, bicara tentang ponsel pintar unik atau aneh mungkin yang bisa beneran dibeli adalah jenis lipat atau foldable. Baru beberapa produsen yang ready menjual untuk konsumen, diantaranya Flexpai, Huawei, Motorola dan tentu Samsung. Nah kali ini ada beberapa pabrikan lain mencoba konsep baru tidak lagi memakai lipat, ada yang diputar dan ditarik.

Oppo - Oppo X 2021

Rabu kemarin Oppo memperkenalkan prototype perangkat ponsel pintar "aneh" dimana dapat melebar kesamping. Konsepnya seperti layar ditarik kekanan oleh dua motor penggerak dan layarnya sendiri akan tergulung di dalam perangkat saat mode ponsel.

Oppo X 2021 Ilustrasi

Layar saat mode ponsel berdiagonal 6,7 inch dan dapat melebar hingga 7,4 inch. Didalamnya ada rangka besi yang dibuat sedemikian rupa agar ponsel dapat melebar. Serta ada dua buah motor penggerak layar sebagai penggerak utama layar saat dikembangkan.

Sayangnya Oppo X 2021 dalam masa prototype dan belum ada kepastian kapankah Oppo memluncurkan sebagai produk dimasa mendatang.

LG - Wing & Rollable Prototype

Mungkin dari anda mengingat LG V series atau yang G series? Ya desain baru datang dari LG, dimana punya ponsel pintar "aneh" dengan desain geser atau putar layarnya. Hmm teringat seperti menjadi Iron Man? memang desain mirip seperti gadget Tony di film Iron Man pertama, dan hp itu juga LG.

LG Wing Ilustrasi

Terlepas dari itu, LG Wing sepertinya memiliki respon positif karena memang desainnya bukan gimmick. Diperkenalkan awal bulan lalu, LG Wing memiliki layar utama 6,8 inch OLED dan layar kedua 3,9 inch OLED juga. LG Wing sendiri sudah mulai dijual ke konsumen 19jt-an di eropa.

Belum selesai disitu, LG dengan Explorer Project-nya sedang mengembangkan desain ponsel "aneh" yang baru. Awal bulan lalu sebelum Oppo, LG telah memberikan bocoran seperti apa desain baru yang munkin menjadi produk tahun depan.

Dikutip dari Android Authority, prototype LG menggunakan dua bagian yang dapat digeser dan memakai spring atau per untuk mekanisme penggeseran. Dilihat dari prototype awal, sepertinya milik LG bisa digeser manual. Prototype ini kabarnya akan siap diperkenalkan Maret 2021 mendatang.


Samsung - Fold 3 & Lite

Galaxy Fold Ilustrasi

Samsung sebagai pelopor populernya ponsel lipat siap memperkenalkan Fold 3 tahun depan. Tidak hanya sebagai penyempurna dari versi sebelumnya Galaxy Z Fold 2, dimana memang sudah tangguh, tapi juga ada yang spesial. Fold 3 dilansir dari PhoneArena, sudah menggunakan desain layar full screen bersih alias kameranya kini ditematkan dibawah layar.

Selain itu, Samsung juga berencana memperkenalkan Fold dan Flip-nya versi murah atau Lite nantinya.

Apple - iPhone Fold?

Logo Apple

Kabar dari Apple, akhirnya Apple mulai terjun juga ke pasaran ponsel "aneh". Lewat PhoneArena, dikabarkan Apple sedang menguji engsel dari prototype nya, setidaknya awet di 100.000 kali buka tutup ponsel. Desainnya berarti sama seperti Samsung atau Huwaei yang ponsel dapat dilipat. Sayangnya masih lama, 2022 rencananya Apple memperkenalkannya ke publik.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar