BLANTERWISDOM101

Cara Mudah Install File APK di Semua Android

14 Februari 2022
0
Cara Mudah Install File APK

Oy guys, dunia per-Android-an kini sudah berkembang pesat dengan banyak pembaharuan fitur dan keamanannya. Dari pertama ngikutin jaman Jelly Bean sampai sekarang Android 12, Android sudah lebih dewasa dan kaya fitur pula.

Umumnya dalam menginstall aplikasi kita bisa langsung mencarinya di Play Store karena lebih aman nan praktis. Namun Android mengizinkan penggunanya untuk menginstall aplikasi diluar Play Store. 

Hal ini memudahkan kita untuk memasang aplikasi atau games yang tidak ada di toko aplikasi, melakukan debugging dalam pembuatan aplikasi lebih mudah dan menginstall aplikasi custom dengan dengan fungsi tertentu.

Aplikasi diluar Play Store biasanya berbentuk file dengan ekstensi APK. Untuk menginstall APK umumnya dengan mencek opsi install dari sumber tidak dikenal. Apakah itu saja? Yuk selami lagi

Menginstall file APK

Sebelum mulai tentu siapkan aplikasi yang ingin dinstall berbentuk APK lalu lanjut berikut:

1. Buka file APK yang sudah didownload, contoh kita menginstall TapTap yang dunduh di Chrome

2. Akan ada pemberitahuan berikut, pilih saja buka pengaturan

Pilih setelan

3. Aktifkan instalasi sumber tidak dikenal

Aktifkan instalasi sumber tidak dikenal

4. Bila sudah, buka kembali APK lalu installasi bisa dilakukan

Instalasi sedang berjalan

Selesai, pemasangan atau install APK dari sumber tidak dikenal berhasil dilakukan. Settingan diatas hanya berlaku untuk installasi dari Chrome saja, bila membuka file APK contoh dari file manager tinggal mengulang lagi tutor diatas.

Untuk mengaktifkan dan mengatur instalasi APK lebih lengkap, kita buka pengaturan > cari sumber tidak dikenal > lalu pilih aplikasi mana yang boleh menginstall file APK

Setelan instalasi APK

Seperti biasa, perlu diingat instalasi aplikasi diluar Play Store bisa jadi dapat merusak HP agan, pastikan mengunduh APK dari sumber yang agan percaya dan jangan asal install langsung.

Sekian tutorial kali ini tentang cara mudah install file APK semua Android. Salah kata mohon maaf, see you.

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar