BLANTERWISDOM101

Ini Dia! Penampakan UI Windows 11 Mulai Beredar + Download

16 Juni 2021
0
Penampakan UI Windows 11

Oy guys. Windows pada bulan ini nanti atau tepatnya tanggal 24 Juni akan memperkenalkan update erbaru windows yang digadang-gadang sebagai pengganti Windows 10 sebelumnya yakni Windows 11.

Sebelum diperkenalkan secara resmi ke publik, biasanya ada bocoran sedikit tentang produknya. Dan benar saja, Windows 11 mendapat bocoran namun bukan cuma sedikit namun seluruh OS Windows 11 versi beta!

Kita mulai dari proses pertama saat install. Windows merubah tampilan penyetingan awal lebih friendly dengan icon-icon modern dan petunjuk yang lebih bersih.




Ke tampilan desktop, Aplikasi di taskbar Windows 11 kini diatur diposisi tengah dan tak lupa juga Windows masih membawa Start menu khasnya.

Bicara soal start menu, Windows memberikan penyegaran dimana lebih fokus pada pencarian dan aplikasi tanpa menu live title lagi  seperti Windows 10. Sekilas mirip seperti start menu Linux sebenarnya. Terdapat pula bagian rekomendasi aplikasi yang mungkin disukai pengguna.

Start menu baru Windows 11

Walau sangat mirip dengan Windows 10X, sayangnya penampakan Windows 11 ini tidak membawa fitur 10X. Dimana salah satu fitur 10X bisa menjalankan aplikasi di suatu wadah tanpa bisa menyentuh file sistem Windows, masih nihil di penampakan Windows 11 ini.

Bagian-bagian pojok terlihat lebih membundar, tidak kotak tajam lagi seperti Windows terdahulu. Windows 11 juga membawa look dan feel baru seperti ikon-ikon dengan desain baru, termasuk ikon Windows. Ikon ini cocok dari rumor terdahulu di file explore Maret lalu.

Masih di tampilan, penampakan Windows 11 untuk beberapa aplikasi bawaan contohnya file explore, edge dan pengaturan tidak terlalu jauh berubah. Kebanyakan hanya penyegaran tampilan dan ikon saja, setidaknya saat ini.

ikon baru di File Explore Windows 11

Pengaturan Windows 11 masih sama

Namun Windows membawa kumpulan wallpaper baru juga hadir disini dimana bisa langsung unduh disini.

Selain tampilan, penampakan UI Windows 11 ini membawa fitur baru seperti widget dan tata window baru.Widget? Ya Windows-pun ikut memberikan fitur ini kepada pengguna. Widget di Windows 11 terlihat menampilkan cuaca, laporan dan berita. Area Widget ini mungkin juga sebagai pengganti live title yang hilang di start menu.

Widget Windows 11

Sistem multi-window Windows 11

Yang kedua adalah mode penempatan multi windows aplikasi. Shortcutnya penempatan windows kini memiliki empat pilihan, yakni setengah horizontal, setengah dengan satu app dengan area lebih besar, empat aplikasi dalam satu layar dan yang baru  satu aplikasi samping kiri dan dua apikasi di kanan.

Penampakan tampilan-tampilan tersebut berasal dari ISO Windows 11 dimana versi Pro build 21996.1. File ISO Windows 11 ini dapat langsung kita coba dengan mengunduhnya disini dengan serial code D9GXC-Z67XY-K21M5-15TGG-KDF69. Saran gunakan mesin virtual untuk lebih praktis dan aman.

Yapp, itu dia bocoran penampakan Windows 11 yang rencananya baru diperkenalkan Microsoft pada 24 Juni nanti. Bagaimana, perbahannya UI Windows lebih apik? Karena masih dalam pengembangan, kemungkinan UI dapat berbeda saat peluncuran nanti.

SumberVia

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar