BLANTERWISDOM101

Tekno Pekan ini: Gadget di Masa Depan Nanti (Mungkin)

07 Februari 2021
0
Gadget di Masa Depan (mungkin)

Oy guys, pekan ini setidaknya ada tiga berita inovasi yang diperkenalkan oleh produsen tekno. Dimulai dari Xiaomi yang minggu lalu memperkenalkan teknologi wireless charging yang beneran wireless dan konsep ponsel tanpa tombol dan port yang mungin menjadi mainstream dimasa depan.

Ketiga ada Apple yang tengah menyiapkan headset AR/VR untuk mixed reality. Headset ini punya keunikan memiliki resolusi 8K di kedua layar. Dan kemudian Apple menyisipkan sensor LiDAR yang dimana sangat baik membantu dalam AR.

Gadget Masa Depan

Xiaomi memperkenalkan Mi Air Charge, teknologi yang bisa mengisi daya wireless atau tanpa kabel. Berbeda dengan wireless charging yang sekarang ada, Mi Air Charge dapat mengisi daya tanpa pad wireless charging.

Jadi selama masih diarea jangkauan, ponsel dapat diisi bahkan ketika digunakan, tanpa mencolokan kabel ke port atau diletakkan di charging pad.

Ngomong - ngomong tentang port, dari brand yang sama, Xiaomi sabtu kemarin memperkenalkan konsep ponsel tanpa port, tanpa tombol. Ponsel ini menggunakan waterfall display dikeempat sisi ponsel. Yap tambah lagi di sisi atas dan bawah.

Tombol akan diganti dengan virtual sedangkan port untuk mengisi daya bisa jadi dipadukan dengan Mi Air Charge ini, wew. Ponsel ini memang seperti fantasi saja.

Bicara soal fantasi (lanjut :v), mungkin akan ada yang masuk dipasaran headset AR/VR. Apple setelah sukses mengawali migrasi ke ARM, dikabarkan tengah mempersiapkan headset mixed reality yang memadukan AR (Augent Reality) dan VR (Virtual Reality).

Mixed reality memang tidaklah baru, namun headset milik Apple dikabarkan akan memiliki resolusi 8K. Sebagai perbandingan, headset mixed reality Microsoft HoloLens 2 memiliki resolusi 2K. TV-TV high-end yang sudah beresolusi 8K. 

Nantinya resolusi sebanyak itu nanti disusutkan sebesar lensa kaca mata. Resolusi tinggi ini harusnya membantu dalam mengurangi screen door effect, wew.

Sketsa Headset Mixed Reality Apple

Headset ini nantinya akan disisipkan banyak kamera dan sensor LiDAR untuk mendukung pengalaman mixed reality-nya. Oh headset AR/VR Apple ini juga ada teknologi eye-traking. Bila belum tahu, headset mixed reality nanti akan menampilkan UI melayang saat digunakan seperti di helm Ironman di movie.

Yapp mungkin ketiganya baru awal trend teknologi nanti mengarah kemana. Dan namanya teknologi atau gadget baru, tentu punya waktu sebelum rilis dan harga tinggi seperti contoh headset Apple nanti sekitar $30.000 atau 420 juta. Catatan headset Apple memang ditargetkan untuk perusahaan.

Referensi 1 | 2 | 3

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar