BLANTERWISDOM101

Ngerii! Open AI Pamerkan Sora, AI Pembuat Video yang Realistis!

21 Februari 2024
0
Sora Open AI text to video | gambar dari CineD

Oy guys, Hanya dalam satu sahunan saja, AI sudah menjadi sangat mature dengan fungsi-fungsi yang tidak lagi sebuah gimmick. Melalu terobosan dari Open AI, mereka baru saja memperkenalkan suatu jenis AI yang dapat membuat video sangat realistis hanya dengan mengetik.

Dari populernya AI yang dapat membuat gambar, dan memberikan jawaban. Kini perkembangan AI sudah sampai di pembuatan video yang realistis dan serasa level profesional.

Keren tapi memang ngeri juga dengan apa yang nanti akan terjadi kedepannya bila pemakaian seperti Sora ini digunakan. 

Yess, tidak ada salahnya mulai mempelajari AI ini agar bisa menghadapi konten yang dihasilkan dan bijak bagaimana menggunakannya.

Sora, AI Pembuat Video dari Open AI

Seperti Dall-E, Journey dan Stable Disfussion, produk AI tersebut dapat memberikan hasil digital sesuai dengan perintah atau promt yang kita ketik dan kehendaki. Nah model AI Sora ini dapat menghasilkan hasil yang berupa video.

Dilansir dari OpenAI, Sora adalah model difusi, yang menghasilkan video dengan memulai dengan video yang tampak seperti derau statis dan secara bertahap mengubahnya dengan menghilangkan derau tersebut dalam beberapa langkah.

Disini, AI mencoba menggambar satu persatu frame dan memprediksi kemana gerakan akan bergerak, banyangan, warna, physic, dan lain sebagainya.

Seperti halnya video yang direkam dimana gambar / foto yang ditangkap setara terus menerus dan diputar secara berurutan.

Hebatnya hasil yang dihasilkan Sora ini sudah sangat realistis, bak seperti divideo dengan orang, tempat atau objek beneran. Berikut demonya.

Karyanya sudah sangat bagus dan dengan kesan natural. Bila dilihat sekilas atau biasa, langsung tidak bisa dibedakan dengan video karya professional. 

Namun tetap ada yang menemukan beberapa detail glitch yang membuat kurang sempurna. Walaupun begitu tentu kedepannya Sora akan dikembangkan lebih lanjut dan pasti hasilnya sudah lebih sempurna.

Efek yang Mungkin Ditimbulkan

Sama seperti kehadiran AI lainnya, karena hasil yang begitu realistis, tentu bisa jadi timbul hal atau efek positif dan negatif nantinya.

Videographer dan Cinematograph mendapatkan 'mainan baru' dimana mungkin malah dapat memberikan konsep baru dan angle baru untuk ide video mereka nantinya.

Orang umum sudah bisa mendapatkan video yang bagus sekevel professional tanpa perlu membeli atau menyewa videografer.

Dan efek yang terbesar mungkin adanya Hoax yang lebih mudah. Khusus untuk kasus ini, Open AI memberikan solusi dimana semua video yang telah diproduksi AI diberikan label atau jejak digital khusus yang menandakan kalau karya ini adalah buatan AI.

Yess ibaratkan pisau yang bisa memberikan efek posistif dan negatif untuk penggunanya.

Sora masih berada dalam tahap pengembangan dan belum dilepas ke publik secara utuh, Open AI berencana mendengar feedback dan melakukan langkah penting dalam keamanan sebelum model ini dirilis ke publik.

Hmm ngeri memang hanya dalam waktu satu tahun, AI sudah bisa membuat karya video sebagus ini.

Pelajari lebih lanjut Sora di website Open AI disini

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar