BLANTERWISDOM101

Cara Mudah Melihat Seberapa Lama Kita Main Gadget di Android dan IOS (Digital Wellbeing)

15 Februari 2024
0
Ilustrasi menggunakan Gadget dari Unsplash

Oy guys, semakin mainstream-nya penggunaan gadget tak jarang membuat kita lupa waktu saat menggunakannya. Entah buat scroll - scroll sosmed, bales nonton film, nge-game dan sebagainya..

Memang gadget - gadget ini terutama ponsel pintar sangat membantu aktivitas sehari-hari, namun bahayanya sampai kecanduan dan jadi galau kalau tidak pegang sejaman saja.

Yess, faktanya, Indonesia menduduki peringkat nomor 1, dari penggunaan ponsel terlama di dunia. Ngerii, dengan Rata-rata pengguanaan sampai 5,64 jam sehari (sumber CNBC).

Hal ini sangat ngeri karena kita tahu menatap layar sangat lama bisa membuat mata minus, belum lagi kecanduan yang dimana membuat sulit dalam 'beraktivitas normal' tanpa gadget yang membuat cemas, gelisah, gabut.

Untuk melihat tinigkat kecanduan kita sendiri dalam penggunaan gadget, dari Android dan IOS sudah diberikan fitur khusus yang mencatat berapa lama kita menggunakan gadget, aplikasi apa saja yang "membuang waktu" kita.

Setidaknya dengan mendata diri sendiri membuat kita sadar dan melatih diri puasa menggunakan gadget agar tidak menjadi kecanduan.

Digital Wellbeing di Android

Di HP Android, Google sudah mencatat durasi lamanya kita mengguanakan gadget, aplikasi apa saja yang paling lama setiap harinya.

Untuk melihat atau membuka Digital Wellbeing di Android, caranya sebagai berikut:

1. Buka pengaturan

2. Dipencarian, ketik "digital wellbeing" lalu cari

3. Pilih, lalu terbuka, silahkan jelajahi digital wellbeing anda

Digital Wellbeing Android
Digital Wellbeing Android | Gambar dari Kompas

Cara tersebut untuk membuka Digital Wellbeing di ponsel Android.

Screentime di iPhone IOS

Kemudian untuk ponsel IOS atau iPhone, anda bisa membuka digital wellbeing atau disini bernama Screentime mulai IOS 12 ke-atas.

Caranya sebagai berikut:

1. Buka pengaturan

2. Scroll ke bawah temukan screentime

3. Screentime terbuka, silahkan jelajahi screentime anda

Screentime di iPhone
Screentime di iPhone | Gambar dari digitalwellbeing.org

Dengan fitur ini setidaknnya membantu kita dalam menyadarkan diri ternyata segini kita memainkan gadget dan di aplikasi apa saja kita sering ngetime.

Di Andorid dan IOS sekarang sudah disediakan pula fitur khusus untuk membantu lebih produktif dan mengingatkan sampai membatasi penggunaan gadget kita.

Sekian tip untuk melihat seberapa lama kita main gadget di Android dan IOS disini. Semua yang berlebihan biasanya banyak efek negatifnya. 

Yuk kembali mendapat kontrol diri dari gadget dan terlepas dari suramnya kecanduan gadget ini. Stay Healthy!


Referensi 1 | 2 | 3

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar