BLANTERWISDOM101

Fix! Solusi Baterai Laptop Lenovo Mentok di 60% Saat Charging atau Pengisian

24 Desember 2022
0
Laptop Lenovo

Oy guys, pernah mengalami baterai yang penuhnya hanya sampai 60% saja? Padahal sudah dicharge semaleman tapi baterai mentok hanya sampai 60%.

Ditambah lagi posisi baterai normal tidak nge-drop saat digunakan sehari-hari dan bahkan laptop posisinya baru beli. Lah kok? 

Sebelum pusing sama komplain ke service center, bisa nih agan cek langkah awal berikut sebelum gas ke tukang service center.

Trouble Shooting

Pada dasarnya permasalah dalam pengisian baterai laptop bisa kita cek di empat tempat dimana 3 di hardware dan satu bisa jadi di pengaturan softwarenya.

Pertama cek charger, apakah charger normal dan bisa mengisi kapasitas baterai? Apakah sambungan kabel charger kenceng? Apa charger tidak bunyi? Bila salah satu iya bisa jadi di charger yang rusak.

Kedua Port charger, apakah port aman dan bersih? Apakah saat mencolokkan charger ke port nampak kencang tanpa goyang? Bila tidak, bisa jadi permasalahn di port chargernya.

Ketiga baterai, apakah baterai sering ngedrop saat digunakan? apakai baterai mengeluarkan suara? Apakah baterai sudah pas dipasang?(kalau laptop baterai copotan) bila ya bisa jadi di baterainya

Namun sebelum mengecek hardware, alangkah baiknya kita cek terlebih dahulu settingan baterai di software resminya pabrikan.

Untuk laptop Lenovo, Ideapad, Thinkpad, Flex, Yoga dll, ada aplikasi yang namnya Lenovo Vantage yang biasanya sudah terinstall di laptop-laptop baru, didalam situ  ada fitur Conservation mode.

Fitur ini dapat melindungi baterai dari pengisian berlebihan sehingga menjadikan baterai lebih awet.

Cara kerja Conservation mode milik Lenovo ini laptop akan menghentikan pengisian baterai di 60%. Jadi baterai tidak akan dicharge lebih dari 60%.

Nah settingan ini yang harus kita nonaktifkan.

1. Buka aplikasi Lenovo Vantage, bisa diketik di pencariannya Windows. Bila tidak ada unduh aja disini.

2. Pilih menu Device > Power

Buka Lenovo Vantage

Pilih Power di Lenovo Vantage

3. Scrroll ke bawah dan temukan Conservation mode

Cari dan non aktifkan fitur Conservation mode Lenovo Vantage

4. Ketemu lalu nonaktifkan.

Selesai dan cek kembali apakah baterai laptop bisa diisi sampai full.

Pro Tip: Fitur Conservation mode ini bisa digunakan untuk mabar lama di Laptop saat di charge. Baterai aman dan performa full karena menggunakan daya langsung dari chargernya bukan dari baterai.

Oke sekian tips kali ini tentang solusi baterai Lenovo yang mentok di 60% saat charging atau dices. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Cek juga tip trik menarik lainnya seputar Laptop dan HP disini.

Share bila artikel ini bermanfaat, see ya

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar