BLANTERWISDOM101

Ojo Nyesel! Tips Memilih Prosesor Intel Saat Membeli Komputer / Laptop

20 November 2022
0
Prosesor Intel Core Series

Oy guys, Musim liburan datang saatnya belanja keperluan sehari-hari dengan harga tiada duanya di diskonan akhir tahun. Salah satunya adalah komputer atau laptop baru untuk mendukung aktivitas digital agan menjadi lebih baik.

Sama seperti HP, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli komputer atau laptop baru, Salah satunya adalah proci atau prosesor, otak utama dalam sebuah komputer nyang menentukan cepat tidaknya performa yang akan kita dapat.

Dari jaman komputer kotak sampai komputer RGB hnya ada dua pilihan prosesor yang bisa kita pilih. Yakni tim Biru si Intel dan tim merah AMD. Kali ini kita bahas dulu tim biru yakni Intel, check it out!

Prosesor Intel

Kubu biru punya banyak pilihan CPU yang tersedia, dari performa paling tinggi hingga si paling murah.

Intel punya model dengan tire list dari rendah ke tingginya. Ada Intel Atom, Intel Celeron, Intel Pentium, Intel Core Series. Intel Core juga ada tier listnya dari rendah ke tinggi yakni Core i3, Core i5, Core i7 dan Core i9.

Dari guide ini sangat jelas dong nanti kita milih mana? Core paling tinggi yang menang awokwkkwk, Salah gan

Tier List Prosesor Intel

Di toko Online banyak yang menjual komputer dengan prosesor intel CORE i7 GAMING RATA KANAN RGB GAMING LIBAS dengan harga yang hmm sangat terjangakau.

Dari spek sepintas bener sih kenceng tapi jangan langsung menyimpulkan dulu deh. Ibarat seperti motor,  contoh motor bit (sensor merk) punya bentuk dan performa mesin yang berbeda. Itu karena tahun rilisnya juga berbeda, lebih baru ya lebih baik kenceng dan mahal biasanya.

Begitu pula prosesor, Intel Core juga punya tahun rilis dan setiap tahun ada Core i Series terbaru terbari, yang disebut generasi. Generasi terbaru tentunya akan membawa penuingkatan yang lebih baik.

Bila semua seri proci pada tahun yang sama, tier list kurang lebih seperti ini.

Tier list Intel, kayaknya

Oke bagaimana kita tahu kapan proci Intel ini dirilis? Masak googling satu-satu

Intel Core punya nomor seri dan kode juga yang bisa diartikan. Kita ambil contol Intel Core i9 9900K, (haduh langsung spek dewa wkwk). Ada satu-dua angka depan, 3 angkaselanjutnya dan kode huruf.

9 berarti generasi yang memberikan informasi ini Intel Core i9 generasi ke 9 atau rilis pada tahun 2018. 

Ilustrasi untuk Intel Core jadi seperti ini

Cara membaca seri di Intel Core

Huruf belakang punya beberapa arti pula, ada yang punya fitur spesial yakni overclocking dari pabrik sampai power yang sangat hemat. Misal:

Intel generasi ke 8

K : Unlocked processor multiplier (Hanya PC)

G : Termasuk grafik diskrit pada paket (Laptop)

U : Ultra-low power (Laptop)

Intel generasi ke 9

K : Unlocked processor multiplier

F : Tanpa graphic, dibutuhkan GPU tambahan

T : Dioptimalkan untuk daya

S : Special Edition

H : High performance graphics (Laptop)

Intel generasi ke 10

U : Ultra-low power (mobile only)

Y : Extremely-low power (mobile only)

Pembacaan diatas khusus untuk intel Core Series, untuk pembacaan Intel lain sperti Pentium dan celeron biasanya dari Lake arsitektur yang diwarisi.

Pilih Mana?

Nah pertanyaannya sekarang bila Core i 7 generasi 6 vs Core i5 generasi 10 gimana nih? Sisi performa paling aman mencari skor benchmark (bukan mutlak) dan biasanya generasi terbaru suatu prosesor punya efisiensi lebih bagus dibanding pendahulunya.

So apalagi gan, tinggal nyari PC atau laptop impian agan lalu sikan di diskonan akhir tahun ini, good luck!

Referensi

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar