BLANTERWISDOM101

Hands On Review Robot RSHD10: HDD Case 2.5" Rasa Istimewa

07 Agustus 2022
0
Hands On ROBOT RSHD10 - Fishertekno

Oy guys. Dalam dunia perkomputeran biasa kita simpan data kita kedalam HDD atau SSD bawaan komputer atau laptop kita. Terkadang bila kita ingin memindahkan data atau menyimpan data kecil biasa kita gunakan flashdisk.

Lebih advance-nya kita bisa menggunakan HDD external. Tapi bila mau ikut bilah tim hemat alias ada HDD atau SDD yang tidak terpakai, bisa nih kita jadikan HDD external dadakan dengan menggunakan Har Drive encloser atau Case HDD External.

Kali ini kita akan mencoba HDD Case atau Hard Drive encloser dari brand ROBOT, yang ini adalah tipe RSDH10 yang menurut pribadi dengan desain menarik dengan harga relatif terjangkau untuk support USB 3.0. Check it Out!

Desain dan Spek

Lampu Indikator ROBOT RSHD10

HDD Case ROBOT  RSHD10 punya desain yang simpel, kotak dengan sudut-sudt tegas dan sederhana. 

Ada Logo ROBOT di kiri bawat dengan desain unik dikirinya plus lampu vertical yang menyatu dengan r.desain. Sisanya ruang kosong yang lumayan buat ditempelin stiket.

Diatas ada port USB 3.0 dan dibelakang ada logo brand dan tipe produk. Hmm minimalis gan.

Spesifikasi

Dimensi : 133x80x14.6 mm

Input : MicroUSB 3.0 port

Output : SATA 7+15 pin

Support : UASP transport protocol, SATA III dengan backward compatibility SATA II

Ukuran Drive : 2.5 inch (Drive Laptop atau Notebook)

Kecepatan : Up to 5Gbps (USB 3.0)

Lain : kabel bawaan USB 3.0 50cm

Kelengkapan ROBOT RSHD10

Pemasangan atau Instalasi

Sama seperti beberapa Hard Drive Encloser premium lainnya, ROBOT sudah memberikan fitur yang sangat user-friendly nan praktis dimana case sudah bisa dibuka tutup tanpa perlu melepas/mengencangkan baut.

Didalamnya tentu ada port SATA lengkap dengan spon peredam dan penguat Hard Drive agar kencang dan aman saat dipasang. 

Sayangnya spon hanya ada disamping kiri dan kanan sisi bawahnya tidak ada. Jadi harus hati-hati saat melepas Hard Drive agar tidak mentok dengan casingnya.

Pnggunaan

Setelah Hard Drive kita pasang, si OS (saya gunakan Windows disini) akan langsung mendeteksi Hard Drive ROBOT RSHD10 ini alias Plug-n-Play tanpa perlu install driver lagi.

Lampu indikator akan meyala bila sudah kita tancapkan dan akan berkedip setiap kita sedang membaca atau enulis di Hard Drivenya. Hmm dilihat lagi bagus ini lampunya wkwkw.

ROBOT RSHD10 juga sudah support dengan protocol pengiriman lewat USB 3.0 dan sudah lengkap dengan kabel USDB 3.0 -nya. Artinya pengiriman dan pembacaan data bisa jauh lebih cepat.

Akhir Kata

Overall ROBOT RSHD10 salah satu pilihan yang tidak mengecewakan bila agan baru mencari Hard Drive encloser atau HDD case atau casing HDD external. Dan solusi termurah bila agan ingin memakai kembali HDD atau SSD berukuran 2.5 inch yang mungkin tida terpakai.

Kelebihan

- Desain minimalis dan modern

- Build quality yang oke

- Pemasangan atau instalasi tanpa ribet

- Spon atau busa penopang Hard Drive agar HDD/SDD yang dipasang lebih presisi dan pas

- Support USB 3.0

Kekurangan

- Spon atau busa yang melindungi HDD/SDD saat dilepas tidak ada

Baik Sekian ulasan singkat tentang Hard Encloser ROBOT RSHD10. Ohh dengan semua fitur diatas tadi, produk ini bisa agan beli dengan harga kurang dari 100rb, tidak termasuk HDD atau SSDnya. Cek lagi di toko ijo disini.

Dari semua kelebihan dan hanya kekurangan yang bisa dibilang tidak terlalu vital (sejauh ini) ROBOT RSHD10 cocok untuk agan yang mau cepat dalam fungsinya dan tidak mau ribet dalam penggunaan. Okeh sekian trims gan sudah membaca sampai akhir. 

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar