BLANTERWISDOM101

Cara Mudah Mencari Ayat Al-Qur'an Menggunakan Kata Kunci

29 Maret 2022
0
Cara Mudah Mencari Ayat Al-Qur'an Menggunakan Kata Kunci

Oy guys, alhamdulillah ramadhan kembali berjumpa dengan kita. Tidak hanya khusus berbuat baik di bulan ini saja, namun ramadahn adalah puncaknya kita bisa menanam banyak sekali kebaikan disini.

Dalam mengkaji dasar utama ajaran agama Islam yaitu Al-Qur'an, alhamdulillah ada bayak kemudahan dalam mencari suatu tema atau pembahasan yang ada didalam Al-Qur'an.

Contohnya kita dapat mencarinya dengan menggunakan kemajuan teknologi. Berikut beberapa cara mudah mencari ayat Al-Qur'an susai tema yang dibahas menggunakan kata kunci.

Al-Qur'an CHM

Kita dapat mencari ayat Al-Qur'an dengan mudah nan cepat menggunakan metode ini. Al-Qur'an CHM adalah Al-Qur'an suatu format file khusus yang dapat dibuka di Windows ataupun Android.

Menggunakan metode ini, kita dapat mencari baik dengan kata kunci arti maupun kata kunci yang berupa potongan ayat. File Al-Qur'an CHM disini termasuk sangat ringan, saudara dapat engunduhnya langsung disini.

Cara penggunaan dan pencarian ayat menggunakan Al-Qur'an CHM di PC sebagai berikut:

1. Unduh dan kemudian buka  Al-Qur'an CHM

2. Pilih tab search atau cari

Tampilan Al-Qur'an CHM

3. Kemudian ketikan kata kunci atau tema yang ingin dicari, kemudia enter

4. Daftar lokasi surah dan ayat akan tampil, terakhir klik dua kali untuk melihat ayatnya

Pencarian ayat Al-Qur'an

Lafzi (online dan aplikasi)

Selain Al-Qur'an CHM, kita dapat menggunakan Lafzi dimana dapat digunakan secara online maupun digunakan sebagai aplikasi.

Lafzi dapat mencarikan ayat didalam Al-Qur'an baik menggunakan kata kunci terjemahan maupun kata kunci ayat, namun tambahan di lafzi dapat mencari menggunakan ejaan huruf hija'iyah (contoh: sa ba ro).

Contoh penggunaan dan Lafzi online sebagai berikut

1. Akses Lafzi melalui link http://lafzi.apps.cs.ipb.ac.id/web/.

2. Masukkan kata kunci yang ingin dicari, kemudian klik cari atau Enter, contoh kita menuliskan sa ba ro

Tampilan Lafzi Online

3. Daftar ayat Al-Qur'an akan ditampilkan

Hasil Pencarian Lafzi

Mesin Telusur Google

Yap selain beberapa aplikasi dan file, kita juga dapat mencari langsung di Google. Namun hati-hati, Google adalah suatu pencarian website yang umum, selalu cek ulang ayat Al-Qur'an di kitab sebelum ditambahkan sebagai dasar di materi.

Hasil Pencarian Google

Sekian

Sekian artikel kali ini tentang cara mudah mencari ayat Al-Qur'an menggunakan kata kunci. Semoga dalam semua kemudahan mengkaji agama ini Allah memberikan kita hidayah dan ilmu yang bermanfaat. Bila saudara ada cara lain lagi yang lebih mudah, monggo bisa komen di bawah.


Matur Nuwun

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar