BLANTERWISDOM101

Alternatif GDrive: Pengalaman Menggunakan PCloud untuk Sharing File

10 Februari 2022
0
Pengalaman Menggunakan PCloud

Oy guys, penggunaan platform cloud storage sekarang sudah menjadi mainstream. Dari sekedar simpan file dan foto sharing ke temen-temen sampai backup & sync file biar tidak hilang selamanya.

Sekarang banyak sekali platform layanan cloud storage atau penyimpanan di "awan" ini seperti Google Drive, Dropbox, Box, Mega dan lain sebagainya.

Namun untuk keperluan file sharing atau berbagi file dengan low budget mode (hehe), kita perlukan fitur kunci yaitu remote download. 

Romote download adalah fitur dimana kita bisa mengupload file dari sumber cloud storage lain. Contoh file dari situs A kita bisa upload langsung ke cloud storage kita tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Nah sudah lama sebenarnya saya menemukan layanan cloud storage namanya PCloud dengan remote download yang kecepatan upload yang wuzz wuzz namun dengan harga sangat terjangkau, gratis.

Nah bila agan mencari alternatif Google Drive dan digunakan untuk file sharing, bisa nih melirik pengalaman menggunakan PCloud berikut ini.

Fitur - Fitur

Seperti halnya layanan cloud storage lain, PCloud punya beberapa fitur selain dalam menyimpan file saja. Dari artikel ini ditulis, PCloud punya fitur seperti remote download, Crypto folder, public folder, rewind, branded link dan sebagainya.

Remote Upload

Fitur upload PCloud termasuk kaya fitur dan istilahnya lomo atau baik hati, pengguna dapat mengupload file baik sekaligus sampai satu foldernya. 

Selain itu PCloud punya fitur remote upload, dimana memudahkan kita mengupload file dari internet tanpa perlu kita unduh dulu. Server PCloud sendiri yang akan mendownload file yang kita inginkan dan menyimpannnya di drive. Sejauh ini tidak ada batasan speed upload dari PCloud, setidaknya kecepatannya bisa stabil dan tembus 25 Mbps, joss.

Oh ditambah fitur remote upload ini tersedia untuk semua pengguna, termasuk yang gratis.

Remote Upload PCloud

Crypto Folder

PCloud memberikan fitur dedicated crypto folder dimana file apapun yang dimasukkan di folder ini akan diamankan (encrypt) PCloud jadi lebih aman. Fitur ini bukan untuk coin crypto dan NFT yo gan :v

Public Folder

Konsepnya sama seperti hosting, disini kita bisa mengupload media seperti gambar, video dan script untuk dapat diembed langsung linknya di website atau aplikasi kita.

Public Folder

Rewind

Hampir sama seperti fitur tong sampah namun lebih ke riwayat suatu file. Misal kita punya file skripsi yang sudah jadi, kita upload ke PCloud tgl 2. Skripsi revisi dan perbaikan revisi kita upload lagi tgl 10. Kita dapat mengunduh kembali file skripsi tgl 2 ini dengan fitur rewind bila diperlukan.

Rewind ini hanya bekerja untuk file yang terupdate sampai 15 hari atau dapat ditambah dengan cara berlangganan.

Branded link

PCloud memiliki fitur branded link dimana berbentuk seperti website portofolio. Cocok untuk agan yang perlu website portofolio dadakan.

Keluh kesah

Semua mesti punya kekurangan pastinya. Berikut kekurangan dari PCloud menurut pengalaman pribadi

UI sedikit membigungkan

UI Upload PCloud

Dalam mengupload file di PCloud ada namanya jendela upload manager dimana menampilkan list file yang diupload sekaligus statusnya.

Nah UI ini sekarang sedikit membuat bingung dimana tiga status akni baru diupload, sukses dan gagal dibuat tiga tab berbeda. Kita harus berpindah-pindah tab untuk memastikan file sukses atau tidak.

Penyimpanan Awal Tergolong Kecil

Saat pengguna baru selesai mendaftar, PCloud memberikan penyimpanan sejumlah 5GB. Namun penyimpanan ini dapat kta tambah sampai dengan 10GB dengan mengikuti beberapa challange seperti menginstall aplikasi PCloud, mengajak teman dan lain sebaganya.

Banyak fitur keren namun berbayar

Oy guys. Penyimpanan di awan atau Cloud Storage sekarang sudah banyak kita digunakan, contohnya untuk berbagi file lebih mudah, buat ngumpulin tugas atau buat pribadi menyimpan kenangan bersama dia, hehe.

Bandwidth

PCloud punya bandwidth dalam file sharing yakni 30GB per bulan. Lumayan besar namun saat saya gunakan sudah hampir penuh untuk file 100-an MB. Namun enaknya kecepatan file saat download tidak dibatasi dan dapat diupgrade ke premium untuk menambah bandwidth.

Kesimpulan

Layanan cloud storage banyak sekali jenisnya sekarang. PCloud salah satu layanan cloud storage yang memberikan fitur remote download gratis untuk semua penggunanya dan tanpa dibatasi kecepatannya, wew.

Kelebihan

- Remote Upload gratis

- File sharing lengkap dengan statistik

- Backup dan sync untuk komputer dan smartphone

- Challange dan referral untuk menambah kapasitas storage

Setelah mencoba sendiri selama beberapa bulan, PCloud memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

Kekurangan

- Storage awal sangat kecil

- Banyak fitur keren namun berlangganan

- UI sedikit membingungkan

PCloud yang saya ulas disini adalah versi gratis atau tidak megeluarkan biaya apapun. PCloud punya beberapa paket langganan dan paket berbayar biasa. PCloud basa mengadakan kontes dengan hadiah penyimpanan gratis 50GB untuk pemenangnya.

Jadi apakah PCloud cocok buat pengganti Google Drive? jawabnya bisa walau kurang sempurna khususnya penyimpanan yang hanya up to 10GB. Tapi bila agan mencari cloud storage gratis dengan fitur remote download tanpa dibatasi, agan boleh coba PCloud.

Sekian pengalaman kali ini tentang penggunaan PCloud untuk file sharing. Bila agan punya cloud storage lainnya yang banyak fitur dan gratis, komen dibawah. Salah kata mohon maaf, matur nuwun.

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar