BLANTERWISDOM101

Yang Spesial dari Ponsel 25 Jutaan, Sony Xperia PRO-I

01 November 2021
0
Xperia PRO-I | dari GSMArena

Oy guys. Sony sang pemain lama di dunia ponsel pintar ini akhirnya memperkenalkan Xperia barunya. Akhir tahun ini, Sony khususkan memperbarui kelas paling atas terbaru bernama Xperia PRO-I.

Di konversi ke rupiah, harganya Rp. 25.576.000 . Weleh, apa sih yang spesial dari Xperia PRO-I ini? Siapa yang mau beli ni HP?

Ponsel dengan 1 inch Sensor Kamera Profesional Beneran

Sensor Kamera di Xperia PRO-I

Sony tahun ini membawakan ponsel pintar dengan sensor sangat besar berdiagonal 1 inch. Bila dibandingkan dengan beberapa smartphone high end lain, sensor kamera yang digunakan umumnya berdiagonal wkaka.

Selain diagonal yang sangat besar untuk kelas ponsel pintar, ternyata sensor yang digunakan adalah sensor berbasis dari kamera RX100 VII yang didesain khusus agar dapat ditanamkan di ponsel pintar.

Dengan ukuran pixel yang jumbo yakni berukuran 2.4 ┬Ám pixel tanpa pixel binning. Selain kamera utama, Xperia PRO-I punya tiga kamera lainnya. 12MP 16mm (jangkauan luas), 12MP 50mm (telephoto) dan 3D ToF untuk pembantu fokus.

Lensa Zeiss

Kamera Xperia PRO-I

Para photografer tentu tak asing dengan nama ini. Sony bekerja sama lagi dengan Zeiss untuk memberikan lensa yang berkualitas untuk ponsel pintar. Sony sebelumnya sudah pula bekerjasama dengan Zeiss dalam produk Xperia 1 III.

Lensa yang digunakan berjenis Zeiss dengan T* coating untuk meminimalisir refleksi sulap saat berhadapan dengan cahaya.

Kamera Kaya Fitur untuk Profesional

Sony Xperia PRO-I punya banyak fitur kamera kelas profesional yang mumpuni walau hanya sekelas ponsel pintar.

Beberapa diantaranya adalah eye tracking fokus untuk manusia dan hewan, cinematic video, burst shot, 4K@120fps, 12bit raw, manual fokus photo dan video, dual aperture lens f/2.0 & f/4.0, optical image stabilization, 315 titik phase detection fokus dan banyak lagi.

Apikasi Kamera Unik

Aplikasi CinemaPro

Dengan banyak sekali fitur kamera yang ditawarkan, Sony menyajikannya menjadi 4 buah aplikasi kamera. Satu kamera yang standar dan simpel seperti umumnya ponsel pintar dan 3 buah aplikasi profesional.

Ada Photopro, disisni disajian banyak sekali pengaturan manual kamera seperti layaknya kamera DSLR. Seperti namnya, agan akan menumakn semua settingan yang digunakan untuk membantu dalam pemotretan gambar.

Ada Cinemapro, disini disajikan pengaturan manual kamera khusus untuk perekaman video bertemakan cinematic termasuk manual focus, color preset dan banyak lagi. Biasanya video direkam dengan rasio 21:9.

Terakhir ada Videopro, berbeda dengan Cinemapro, Videopro menyajikan pengaturan manual video tanpa cita rasa cinematic. Video dapat diatur apakah 16:9 biasa atau 21:9.

Pendukung DSLR

Pendukung Kamera Profesional

Tak hanya punya fitur kamera DSLR, Xperia PRO-I punya fungsi khusus untu pendukung kamera DSLR agan. Yakni bisa sebagai monitor external dan modem 5G dadakan. Psst bila agan cari tahu, monitor external khusus kamera saja harganya bisa jutaan rupiah., dan belum termasuk modem 5G 

Sony juga memberikan aksesoris khusus untuk PRO-I ini yakni gimbal untuk vlog lengkap dengan monitor external.

Ponsel 5G Kelas Flagship

Layar 4K | dari GSMArena

Selain kamera, Xperia PRO-I juga menyediakan performa maksimal. Dengan Snapdragon 888 dengan RAM 12GB dan penyimpanan 512GB dan dilengkapi slot microSD.

Layar ponsel ini lebih tajam dari kebanyakan flagship, dengan OLED 6.5 inch dengan resolusi 4K dengan aspek rasio 21:9. Layarnya sudah HRR 120Hz  juga.

Bodunya sendiri anti air dan dilindungi Gorilla Glass Victus untuk depan dan Gorilla Glass dibelakang dengan frame berkesan seperti karet. Untuk mengamankan HP biar tidak jatuh, PRO-I dilengkap pula lubang tali strap untuk pengaman.

Speaker sudah stereo kualitas Sony menghadap ke kita dan tak lupa dilengkapi lubang audio buat headset dan microphone.

Kesimpulan

Sony meracik Xperia PRO-I ini punya segudang fitur untuk para profesioanl photografer. Dimana didesain setipis dan seringkas mungkin dibanding kamera pada umumnya.

Tentang ponsel ini uniknya Sony menyebut produknya sebagai 1 inch sensor kamera yang dapat difungsikan sebagai ponsel pintar.

Bila agan para profesional photographer atau videographer bisa jadi cocok untuk agan.

Sony dari beberapa tahun kemarin mengubah strateginya dalam tetap kompeten dalam pasaran smartphone. Strategi produk niche seperti ini akhirnya membuat peningkatan penjualan mereka. Hmm jadi keinget Xperia saya yang pertama nih wkwkw

Ok sekian artikel kali ini yang membahas tentang ponsel baru Xperia PRO-I ini. Matur nuwun gan sudah mampir.

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar