BLANTERWISDOM101

Cara Menampilkan Lagi Jumlah Dislike di YouTube [Add-on Browser]

30 November 2021
0
Menampilkan Jumlah Dislike YouTube

Oy guys. Beberapa waktu lalu YouTube mengumumkan untuk tidak lagi menampilkan jumlah dislike atau tidak suka di semua video di YouTube. Dan benar saja, saat ini sudah hilang dan tidak bisa diketahui jumlah orang yang tidak menyukai video YouTube baik dari browser dan aplikasinya.

Usut punya usut, dari The Verge, alasan Youtube menghilangkan jum lah dislike ini adalah"order to counter harassment and promote respectful interactions between viewers and creators.” atau untuk melawan pelecehan dan mempromosikan hubungan saling menghormati antara penonton dan pembuat konten.

Hmm padahal tidak selamanya jumlah dislike atau tidak suka di suatu video berdampak negatif. Salah satu contoh video tutorial, dengan mengetahui jumlah dislike kita bisa mengetahui tutorial ini apakah efektif atau tidak, tanpa perlu membaca komen. Dengan mengetahui lebih awal, kita tidak jadi nonton video hingga habis dan bisa mencari video lain.

Yaa begitulah. Namun ada nih cara agar jumlah dislike YouTube dapat ditampilin lagi. Caranya memakai sebuah add-on di browser bernama Return YouTube Dislike.

Addon ini pihak ketiga jadi segala dampak yang mungkin terjadi ditanggung sendiri-sendiri. Yakin lanjut? Yuk

1. Buka websitenya returyoutubedislike.com lalu klik install

Ke website-nya

2. Pilih browser favorit. Disini saya coba Chrome

Install ke Browser favorit

3. Webstore Chrome akan terbuka, langsung saja tambah ke Chrome

Klik tambahkan ke Chrome

4. Akan ditampilkan peijinan ekstensi, lanjut memasang ekstensi klik add extension

5. Selesai, langsung uji coba nonton di YouTube

Sebelum
Sesudah

Dan boom, secara ajaib jumlah yang dislike video jadi kelihatan. Lewat keterangannya, extensi ini tidak bisa menampilkan data dislike secara realtime, hanya data dislike dari maksimal tiga hari yang lalu. Ya walau begitu cukup lah bila untuk kepentingan mencari tutorial. Lengkapnya bisa kesini.

Terakhir bila tidak suka dan ingin mencopotnya, agan bisa ke halaman ekstensi Chrome tadi disini lalu hapus dari Chrome.

Ok tutorial kali ini tentang menampilkan kembali jumlah dislike di YouTube. Semoga bermanfaat gan!

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar