BLANTERWISDOM101

Mengenal RAM Tambahan atau Extended RAM di HP, Fitur Apa lagi Nih?!

02 Oktober 2021
0
Ilustrasi Penggunaan RAM HP

Oy guys. Dalam pasaran HP kini ada istilah baru di spek apalagi RAM ada tambahannya, RAM 6GB+5GB dan sebagainya. Plus ini namnya RAM tambahan atau extended RAM atau apalagi lah namanya. Fitur ini diklaim bisa menambah RAM bawaan kita menjadi tambah banyak.

Misal Hp punya RAM asli 8GB, bila menyalakan fitur ini katanya bisa bertambah sampai 12GB, katanya. Tapi sebenarnya apa beneran opo muslihat sahaja? Efeknya apa juga ngaruh?

Yuk kita cari tahu lebih dalam.

RAM (Random Access Memory)

Tentu pernah denger istilah RAM yang biasa kita temui di dunia komputer dan laptop. Sebelum pembahasan lebih dalam, apa sih RAM ini?

Kutip dari Wikipedia, RAM atau singatan dari Random Access adalah adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori (random). 

RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif.

Hmm intinya RAM berarti penyimpanan utama yang digunakan dalam memproses dan mengubah memori suatu proses atau aplikasi agar dapat berjalan semestinya. 

RAM juga memiliki kecepatan pemrosesan memori super cepat dibandingkan memory HDD atau SSD.

Karena salah satu perangkat utama dalam memproses tugas-tugas, semakin besar kapasitas RAM semakin banyak pula tugas atau aplikasi yang dapat diproses sistem dalam waktu yang sama.

RAM dan Virtual RAM

Dikutip dari techradar, RAM tambahan atau Extended RAM ini sebenarnya sama seperti fitur Virtual RAM yang sudah ada sebelumnya baik cara kerja dan konsepnya. Virtual RAM?

Perangkat RAM biasa berupa chip khusus yang dipasang di suatu sistem komputer atau ponsel pintar. Sedangkan Virtual RAM  seperti namanya merupakan sebuah RAM yang berupa virtual atau tidak berwujud fisik.

Virtual RAM ini memanfaatkan beberapa kapasitas media penyimpanan seperti HDD dan SSD dimana kapasitas tersebut difungsikan layaknya sebuah RAM.

Namun karena kecepatan antara RAM dan media penyimpanan berbeda, Virtual RAM bukan sebagai pengganti atau dikatakan setara kinerjanya seperti RAM, namun hanya sebagai pembantu disuatu kondisi saja.

Virtual RAM sendiri sebenarnya bukan teknologi baru dan sudah biasa digunakan di komputer dan bahkan ponsel pintar. 

Bila di ponsel pintar dulu, Virtual RAM hanya dapat diubah dengan akses root. Nah bedanya dengan sekarang, virtual RAM dapat diubah lebih mudah tanpa perlu root.

Cara Kerja Extended RAM

realme DRE

Sudah kita ketahui sebelumnya, fitur Extended RAM bukan sebuah RAM betulan melainkan hanya virtual saja. Lantas bagaimana cara kerjanya?

Virtual Memori memanfaatkan sejumlah kapasitas dari penyimpanan internal yakni EMMC atau UHS untuk dipakai sebagai RAM tambahan. Kapasitas ini dinamakan swap.

Semakin besar kapasitas swap-nya, semakin besar pula virtual RAM atau RAM tambahannya. Namun semakin besar pula kapasitas penyimpanan internal yang digunakan. Pengguna dapat mengatur sendiri berapa GB kapasitas memori yang digunakan sebagai Virtual Memori.

Diambil dari penjelasan techradar, Cara kerja Extended RAM atau Virtual RAM ini apabila penggunaan RAM utama ponsel terasa penuh, maka proses-proses aplikasi lain akan dialokasikan ke extended RAM. Hal tersebut membuat RAM utama bisa menjadi lega.

Selain menunggu RAM penuh, virtual RAM bisa langsung digunakan sistem namun terbatas. Hanya aplikasi yang tidak memiliki dynamic process di background yang bisa memanfaatkan Virtual RAM ini.

Berpengaruh dan Menambah Performa?

Dilihat secara teori, Ya dan mungkin tidak.

Ya berpengaruh, saat menggunakan banyak aplikasi sekaligus

Sebagai contoh, kita membuka 10 aplikasi untuk suatu tugas dan menggunaan semuanya secara bergantian. Dengan adanya Virtual RAM, RAM utama akan terbantu untuk mendukung semua aplikasi lancar digunakan tanpa adannya aplikasi yang tertutup atau dimuat ulang.

Mungkin tidak bila main game atau render video 

Kedua proses tersebut memerlukan pula RAM dengan kapasitas besar dan cepat. Virtual RAM mungkin tidak banyak membantu karena perbedaan prioritasnya dan kecepatan dengan RAM utamannya.

Kesimpulan

Dari paparan diatas bisa disimpulkan untuk fitur Extended RAM atau Virtual ini bukan scam atau palsu. Fitur ini khususnya virtual RAM ternyata bukan teknologi lama dan biasa dipaai di dunia komputer (linux khususnya)

➤ Extended RAM atau RAM tambahan dapat dilakukan

➤ Fitur ini menggunakan penyimpanan internal untuk bekerja

➤ Efektif untuk memuat banyak aplikasi ringan

➤ Aktif digunakan saat RAM utama mulai penuh atau untuk aplikasi jenis ringan (non dynamic)

➤ Mungkin tidak banyak membantu performa untuk tugas berat (Game/Render)

Baik sekian semoga dapat memberikan informasi mengenai Extended RAM atau RAM tambahan atau Virtual RAM. Bila ada kekeliruan monggo koreksinya gan.


Referensi 1 | 2

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar