BLANTERWISDOM101

Diskus: Pakai Custom ROM Android itu Ilegal??!!

04 Oktober 2021
0
Ilustrasi Kejahatan Cyber

Oy guys, beberapa waktu lalu di suatu komunitas ada yang membahas tentang penggunaan Custom ROM yang intinya itu ilegal. Weeh??!!

Dari suatu postingan diceritakan, intinya penggunaan Custom ROM atau selain bawaan dari pabrikan katanya ilegal karena dapat membuat garansi hangus.

Hmm sebagai salah satu open source, sebenarnya Android dapat dan boleh dikembangkan oleh semua orang. Contohnya saja pabrikan ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan kawan-kawan mengembangkan sendiri Android ini menjadi OneUI, MIUI, ColorOS.

Kembali membahas ilegal ini, apakah pengguna Custom ROM itu ilegal atau dalam KBBI tidak legal, tidak menurut hukum tau tidak sah? Yuk coba kita diskusikan

Android dan Open Source

Android

Si robot hijau Android ini adalah suatu OS atau sistem operasi dimana dikembangkan oleh Android inc lalu Google dan bersifat open source atau standar terbuka. 

Open source atau standar terbuka adalah standar yang publikasinya tersedia untuk umum dan memiliki berbagai hak dalam penggunaannya, dan mungkin juga memiliki berbagai ketentuan bagaimana ia dirancang (misalnya proses terbuka).

Dari pengertian lain, open source adalah source code atau kode sumber yang tersedia bebas untuk modifikasi dan restribusi.

Intinya, Android adalah salah satu sistem operasi yang semua orang boleh menggunakan dan memodifikasi dimana didukung source code atau kode sumber yang bebas diakses.

Custom ROM

Logo Custom ROM Nusantara Project

Baik lanjut lagi. Karena Android bersifat terbuka tadi, semua orang diizinkan dan sah dalam memodifikasi dan mengembangkan sendiri OS Android.

Custom ROM adalah salah satu versi Android yang dikembangkan oleh perorangan atau kelompok diluar dari pihak pabrikan. Custom ROM ini biasanya dibuat karena penggunaan Android bawaan yang dirasa kurang puas, minim fitur atau berat.

Membahas tentang modifikasi, sebenarnya pabrikan ponsel juga memodifikasi kode sumber Android. Pabrikan biasanya memodif tampilan UI dan UX dan tak jarang menambah fitur-fitur baru. Tak heran banyak sekali UI contoh One UI, MIUI dkk sesuai merek masing-masing.

Penggunaan Custom ROM tentu akan menghanguskan garansi namun tidak termasuk perbuatan ilegal. Karena dibuat sendiri atau diluar layanan pabrikan ponsel, tentu mereka tidak bisa memberikan tanggung jawab bila terdapat masalah disebabkan penggunaan Custom ROM.

Mugkin yang ilegal itu..

Dari paparan diatas, bisa dipastikan penggunaan Custom ROM itu legal bila dipakai semestinya. Seperti contoh pisau daging, bila dimanfaatkan memotong daging maka kita sebagai pengguna aman-aman saja. Namun bila dipakai untuk tindak kejahatan? tentu orangnya bisa kena pidana.

Custom ROM juga begitu, bila digunakan untuk tindak kejahatan tentu bisa kena pidana karena tidak menurut hukum alias ilegal. Lebih ke tindakannya dari pada ke bendanya.

Maka dari itu ada plus minus bila agan ingin memakai Custom ROM ini dibanding bawaan atau stock ROM.

Akhir Kata

Oke, sekian pembahasan kita soal penggunaan Custom ROM. Jadi kesimpulannya penggunaan Custom ROM ini legal atau sah karena kembali dari sifat Android yang open source atau terbuka.

Semoga membuka wawasan tentang dunia perangkat lunak khususnya Android. Bagaimana menurut agan tentang Custom ROM ini? Semoga bermanfaat.


Referensi 1 | 2 | 3

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar