BLANTERWISDOM101

Telkomsel 5G Meluncur, Intip Kecepatan, Harga, Lokasi & Tipe HP yang Support

29 Mei 2021
0
Telkomsel 5G Logo

Oy guys. Setelah sekian ama akhirnya negara kita tercinta bisa merasakan jaringan 5G. Telkomsel adalah operator pertama yang meluncurkan layanan 5G ini dimana digadang-gadang memiliki kecepatan maksimum 700 Mbps, wew. 

Seperti awal-awal peluncuran 4G dahulu, layanan 5G ini nantinya baru tersedia dibeberapa kota di Indonesia dan kemudian akan tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui Kompas, dalam event peluncuran kemarin Telkomsel menjelaskan beberapa poin utama dari layanan 5G ini mulai dari kecepatan 5G, harga paket, lokasi hingga HP yang langsung support mendukung 5G Telkomsel ini. Simak ringkasannya berikut.

Kecepatan awal 5G

Kita telah mengetahui teknologi 5G akan lebih baik dalam hal kecepatan transfer data dibandingkan 4G namun seberapa cepat?

Melalui eventnya, Telkomsel memberikan informasi tentang kecepatan Internet menggunakan 5G nanti. Kecepatan untuk penyelenggaraan awal ini mencapai 700Mbps atau 87 MB/detik, wew.

Bila dites kecepatannya sekarang, 5G sudah dapat tembus di kecepatan 120-an Mbps atau 15 MB/s. Sudah bagus melebihi 4G pada umumnya.

Kecepatan awal 5G Telkomsel
Tes 5G Telkomsel | gambar dari Bisnis.com

Dengan kecepatan 5G ini nantinya pengguna dapat memutar video 4K tanpa buffering dan ping lebih rendah untuk nge-game. Tidak cuma itu, kecepatan 5G ini dapat mendukung sarana umum, wisata dan industri tentunya.

Update 3 Juni: beberapa tes dari penyiar media menunjukkan kecepatan 5G bertambah menjadi 600Mbps. Tes terbaru di Solo sudah sampai angka 796Mbps atau hampir 100 MB/s oleh Detik.

Kecepatan 5G Telkomsel di Solo

Dilansir dari Kompas lagi, Telkomsel rencananya akan memaksimalkan kecepatan 5G ini sampai kecepatan maksimalnya 5G yakni 20Gbps atau 2,5GB/s. Wedaan :v

Lokasi awal 5G di Indonesia

5G masih hangat tentu belum semua wilayah Indonesia terselenggara. Telkomsel rencananya akan menyelenggarakan 5G perdana ini di kota-kota pilihan dahulu, setelahnya akan menyeluruh di seluruh Indonesia.

Jabodetabek yang pertama menerima layanan sinyal 5G ini, namun tidak seluruhnya ter-cover saat ini.

Lokasi yang telah tersedia sinyal 5G diantaranya Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pondok Indah dan Widya Chandra, di Jakarta Selatan, Serta Bumi Serpong Damai dan dan Alam Sutera di Tanggerang Selatan.

Kemudian penyelenggaraan layanan 5G akan berlanjut di kota Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Namun sayangnya belum ada tanggal resmi kapan 5G siap tersedia di lokasi tersebut.

Telkomsel rencananya akan mennyediakan Hotspot 5G di 8 Grapari seluruh Indonesia yakni: Grapari GTG Medan Sumatera Utara, Grapari Batam Centre Kepri, Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta DKI Jakarta, Grapari Solo Jawa Tengah, Grapari Pemuda Surabaya Jawa Timur, Grapari Renon Denpasar Bali, Grapari Balikpapan Kalimantan Timur, Grapari Pettarani Makassar Sulawesi Selatan

HP yang support

Dilansir dari Kompas, Telkomsel menggunakan 5G band40 dengan freuensi 2,3 GHz. Yapp sudah termasuk layer lapisan tengah. Jenis 5G band40 frekuensi 2,3 GHz ini dipilih karena dapat melakukan refarming jaringan 3G yang sudah ada untuk penyelenggaraan 5G.

Namun walau menggunakan frekuensi yang dulunya sudah ada, namun teknologinya berbeda. Untuk dapat menangkap sinyal 5G tersebut diperlukan modem khusus yang support band40.

Sudah banyak pilihan smartphone yang sudah support 5G namun belum tentu semuanya support 5G yang band40. Dari Kompas lagi, daftar tipe HP yang support 5G saat ini adalah Oppo Reno5, Oppo A47 5G, Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Samsung Galaxy A32 5G, Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, Vivo V21 5G.

Harga Paket Data

Harga Paket Telkomsel 5G
Harga Paket Data 5G Telkomsel | foto dari Kompas

Tentu yang ditunggu-tunggu, harga. Dengan speed lebih kenceng berapakah harga paket data untuk 5G ini? Melalui paket 5G Early Bird, harga paket 5G Telkomsel ini 26 ribu dengan kouta 126GB.

Namun paket tersebut hanya dapat dibeli bila agan termasuk pelanggan yang terpilih. Tidak hanya 5G untuk kartu perdana biasa, Telkomsel juga memperkenalkan mobile WiFi Orbit 5G. 

Modem plus WiFI 5G ini punya pilihan paket data 130 ribu untuk 100GB (30 hari), 500 ribu untuk 500GB (30 hari), 900 ribu untuk 1000GB (30 hari) dimana tarif pembelian 3 bulan pertama.

Akhir Kata

Akhirnya ang ditunggu sudah dimulai. Dari potensi yang ada dan harga yang lebih terjangkau semoga 5G menjadi pendukung telekomunikasi dan teknologi di Indonesia. Tinggal nunggu merata ini...

Sekian kekurangan dan kesalahan mohon koreksinya, matur nuwun.

Sumber 1 | 2 | 3

Baca lagi 5G Telkomsel disini

Share This :
Feriansyah


Remember, the Light is brighter than the Dark

Reaksi dan Komentar