BLANTERWISDOM101

Android Pamerkan UI Baru di Android 12 Beta

19 Mei 2021
0
Tampilan UI Android 12

Oy guys, Februari lalu Android sudah mulai merilis developer preview OS generasi selanjutnya Android 12. Preview ini memberikan gambaran fitur-fitur baru yang akan disematkan di Android 12 mulai dari perlindungan privasi baru dan kisi-kisi tampilan.

Bicara soal tampilan, lewat Google I/O 2021 Android 12 memberikan bocoran lagi bagaimana tampilan UI akan diracik.

Lewat kanal YouTube resminya bersamaan memasuki beta, Android 12 memberikan beberapa tampilan unik dan fresh tentang Android 12 yang tengah di buat.

Beberapa media juga mengatakan pembaruan tampilan dan UI nanti akan menjadi salah satu perombakan besar Android sama seperti zaman Android Lollipop dahulu.

Simak videonya berikut ini:

Warna Warni

Tampilan baru memberikan kesan lebih berwarna dan tidak kaku. Terlihat dari warna jam yang dapat mengikuti warna background, beberapa pilihan baru untuk warna dasar aplikasi dan bentuk komponen seperti panel pemberitahuan yang lebih bundar.

Dilansir dari GSMArena, Android 12 memiliki slogan "a new way to think about desain" yang bisa diartikan "cara baru untuk berfikir tentang desain". 

Bila dahulu Android Lollipop diberinama Material Design, tampilan daripada Android 12 ini diberi nama Material You.

Warna widget jam baru Android 12

Widget dan Animasi Baru

Android merombak widget dasar di Android 12 ini. Perubahan mulai dari jam, cuaca, kalkulator dan beberapa komponen seperti slider, pemberian warna di volume.

Ikon aplikasi juga mengalami perubahan dimana menyesuaikan pula dengan warna yang sedang digunakan.

Widget Jam Baru Android 12

Beberapa animasi baru juga tampil, seperti animasi saat membuka kunci pola dan animasi saat menshare artikel di internet.

Salah satu area yang mendapat perubahan ada di panel pemberitahuan dan pengaturan cepat. Pemberitahuan diberikan warna yang cerah dan menutupi sampai kebawah layar.

Penyajian pemberitahuan masih sama seperti versi sebelumnya, dimana dijadikan grup per aplikasi.

Pengaturan cepat Android 12

Pengaturan cepat saat di layar pemberitahuan menjadi berkurang. Kini hanya tersedia tempat untuk empat buah pengaturan saja. Di panel utamanya, pengaturan kini diatur menjadi 2x3 dengan desain persegi panjang (tidak bundar lagi).

Android 12 seperti yang diketahui sebelumnya akan membawa fitur seperti pendeteksi untuk privasi baru dan beberapa fitur khusus untuk membantu aksesibilitas dalam penggunaan ponsel.

Perlu diketahui, tampilan dan animasi akan ada di basis utama Android 12. Untuk beberapa ponsel yang menggunakan UI khusus seperti MIUi atau ColorOS mungkin saja akan berbeda.

Hmm, bagaimana menurut anda tampilan Android 12 ini? Baca lagi mengenai Android 12 Beta disini.

Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar