BLANTERWISDOM101

Trik Chrome: Paksa Semua Tampilan Web Jadi Gelap [Desktop & Mobile]

26 April 2021
0
Trik Chrome: Paksa Semua Tampilan Web Jadi Gelap | Ilustrasi

Oy guys. Pada beberapa tahun terakhir, pengguna Chrome baik di PC atau di ponsel pintar sudah diberi fitur mode gelap untuk membantu kenyamanan mata saat digunaakna di malam hari. Mode malam ini selain membuat tampilan Chrome yang menjadi gelap, beberapa website-pun ada yang ikut terubah tampilannya menjadi lebih gelap. Namun masih sedikit yang mengimplementasi penggunaan mode gelap ini. Alhasil bila kita kunjungi masih terang benderang.

Namun untungnya kita sebagai pengguna dapat memaksa tampilan website yang masih putih ini untuk diubah gelap, agar kenyamanan membaca lebih baik. Kita akan menggunakan fitur Chrome Flags untuk hal ini.

Ubah Tema Chrome

Untuk mengubah tampilan web menjadi bertemakan gelap cara biasa, kita cukup menset tema Chrome menjadi dark atau gelap. Website yang support akan otomatis mengaktifkan tema gelap di template tampilan websitenya. Untuk mengubah tema Chrome, kita bisa atur di pengaturan temanya.

1. Buka aplikasi Chrome di PC ataupun HP.

2. Buka pengaturan > Tema

3. Pilih tema dark atau gelap

Set tema ke dark Chrome

Setelah selesai kita bisa coba reload halaman ini (kebetulan Fishertekno support), maka tema akan berganti gelap. Trik ini manjur namun bila website juga support, bila website tidak atau belum support kita bisa memaksa mengubah tampilan menggunakan fitur didalam Flag Chrome.

Paksa Semua Tampilan Web Jadi Gelap

Kita akan mengaktifkan suatu opsi bernama force dark mode for Web Contents dimana diberi hashtag #enable-force-dark. Caranya kita buka dahulu menu flags Chrome

1. Buka Chrome, ketik atau copas url berikut

chrome://flags

2. Di kolom pencarian, tulis dark mode.

cari dark mode di flags Chrome

3. Terakhir aktifkan opsi dengan cara set ke enable, lalu mulai ulang Chrome

Pilih enable Chrome

relaunch Chrome

Sekarang kita bisa mencoba lagi ke website yang sebelumnya putih dan harusnya sudah menjadi gelap. Fitur Chrome ini masih di bagian flags itu artinya masih dalam pengembangan dan belum sempurna. Dengan fitur ini aktif, Chrome akan mulai meng-convert tampilan website menjadi background gelap teks putih.

Kemudian selama fitur ini aktif, website akan tetap dikonversi menjadi gelap. Cara mematikan sama seperti langkah namun set ke default. Sayangnya, website yang sudah punya fitur dark mode sendiri tetap dikonversi oleh Chrome jadinya sedikit berantakan.

Sekian trik kali ini tentang paksa tampilan website jadi gelap di Chrome. Karena untuk Chrome atau yan berbasis Chromium, trik ini bisa digunakan untuk browser yang menggunakan engine Chromium contoh Opera, Edge dan lainnya.

Ada trik-trik lain meggunakan Chrome bila anda pengguna ponsel pintar, bisa cek kesini. Semoga bermanfaat, matur nuwun.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar