BLANTERWISDOM101

Sony Memperkenalkan Xperia 1 III, Paket Komplit dengan Variabel Telephoto

15 April 2021
0
Sony Xperia 1 III

Oy guys. Pernahkah agan memimpikan ponsel pintar yang jago disemua aspek mulai dari penggunaan sehari-hari, kamera layaknya dslr beneran, kualitas perekaman seperti cinematography, gaming di 120Hz, menonton di kualitas 4K, dan pengalaman mendengarkan music seperti sang audiophile? Hmm impian banget seperti semua bagian diracik. Memang dan Sony membuatnya di ponsel terbaru mereka Xperia 1 III (dibaca mark 3).

Yapp, Sony memberikan racikan terbaik disemua bidang di ponsel pintar ini. Yang terlihat berbeda dan baru dari versi sebelumnya adalah hadirnya kamera periskop yang punya variable dimana bisa dua mode 72mm dan 102mm dalam satu modul kamera.

Selain Xperia 1 III, Sony juga memperkenalkan versi kompaknga yaitu 5 III dan 5G termurah 10 III. Apa saja fitur flagship terbarunya? Berikut rangkumannya

4K dan 120Hz

Kita mulai dari layar. Sony Xperia 1 III masih memiliki resolusi layar tertinggi dikelas ponsel pintar yakni 4K 21:9 (3840 x 1644 pixel) dengan kerapatan pixel per inchinya 643. Layar resousi tinggi ini sekarang sudah support HRR atau refresh rate tinggi 120Hz dengan touch rate 240Hz.

Selain layar cepat dan resolusi tinggi, layar ini sudah ada sentuhan spesial oleh divisi Bravia dan support content HDR dan 10 bit color (8+2bit). Layar ini juga sudah dilengkapi perlindungan Gorilla Glass Victus dan GG 6 dibelakang.

Performa

Xperia 1 III sudah punya chipset tertinggi Qualcomm Snapdragon 888 dan dengan sentuhan khas Sony. Masih memiliki H.S Power dimana ponsel langsung menggunakan daya suplai dari charger bukan menggunakan daya baterai. Sony memberikan fitur unik yang memudahkan dalam melihat musuh di kegelapan seperti color profil dan equalizer khusus untuk gaming. 

Dalam perekaman dan voice chat, Xperia 1 III dan 5 III memiliki dapat merekam layar hingga 1080p 120fps dan adanya filter noise saat voice chatting.

Semuanya disuplai dengan baterai yang lumayan besar untuk flagship yakni 4500mAh.

Kamera

Kamera Xperia 1 III

Sony upgrade lagi disisi kamera namun bukan resolusi melainkan fitur. Xperia 1 III dan 5 III memiliki modul kamera telephoto yang unik. Setelah Samsung punya variabel aperture (f/x.x), Sony punya juga ditambah variabel panjang lensa dimana lensa bisa melebar dari 70mm f/2.3 ke 105mm f/2.8. Lensa sudah menggunakan ZEISS T* coating.

Resolusi tidak ditingkatkan mungkin karena sistem kamera yang diracik adalah kecepatan. Ponsel ini masih punya fitur seperti 20 fps burst alias 20 gambar dalam satu detik serta eye tracking baik manusia dan hewan.

Sony memperbarui di aplikasi profesionalnya Photopro dan Chinemapro. Dimana kedua aplikasi ini memberikan semua kontrol kamera layaknya kamera profesional.

Suara

Terakhir tak lupa Sony meracik disisi suara. Sony memberikan pengalaman audio 360 dimana bisa didengarkan di headset atau speaker. Dan tidak seperti flagship lain, 3.5 mm jack masih ada disini. Speaker sudah diperbarui dengan 40% lebih nyaring dari generasi sebelumnya Mark 2.

Harga

Ponsel ini memang salah satu yang beneran seimbang disetiap sisi fitur. Harga? Tanya harga? Saat artikel ini ditulis, Sony belum memberikan harga resmi untukXperia 1 III dan 5 III, namun siap dijual musim panas nanti atau kisaran Juni mendatang. 

Bila dilihat generasi sebelumnya, 1 II seharga $1200 dan 5 II $950. Kemungkinan harganya pun dikisaran segitu. Dan karena adanya aturan baru pajak, setiap pembelian ponsel yang import dari luar siap - siap harga bisa lebih tinggi lagi.

Selengkapnya tentang Xperia 1 III  bisa kesini.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar