BLANTERWISDOM101

Apple Rilis Update IOS 14.5, Inidia Fitur-Fitur Unggulannya

27 April 2021
0
Apple IOS 14.5

Oy guys. Apple setelah pekan lalu memberkenalkan gadget baru di Apple Spring Loaded, kini Apple memberikan pembaruan untuk iPhone dan iPad versi IOS 14.5. Pembaruan ini memberikan fitur baru yang ditunggu-tunggu sejak pandemi dan fitur privasi yang hangat diperbincangkan.

Yapp, fitur unggulan pertama adalah pengguna Apple tak perlu lagi melepas masker untuk membuka iPhone. Dan kedua adalah implementasi anti tracking pihak ketiga, dimana aplikasi akan dibatasi dalam penggunaan sumber daya data pengguna dimana biasa digunakan untuk periklanan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak berikut ini.

Unlock iPhone Menggunakan Apple Watch

Unlock iPhone menggnakan Apple Watch
Unlock menggunakan Apple Watch | Pic dari MacRumors

Walau sudah lewat satu tahun yang lalu, situasi pandemi di Indonesia masih terasa sampai sekarang. Tentu masyarakat masih disarankan memakai masker untuk kegiatan di tempat umum. Dan sayangnya Face ID tidak dapat digunakan di iPhone bila tidak membuka masker, sebelum update ini.

Walau Touch ID sebenarnya lebih simpel, Apple akhirnya memberikan solusi resmi unlock iPhone tanpa perlu membuka masker. Pengguna dapat menggunakan Apple Watch minimal Series 3 (watchOS 7.4) untuk membuka iPhone dan mengunci iPhone dari sini.

App Tracking Transparancy (ATT)

Apple mengambil langkah lebih berani dalam menjaga privasi para penggunanya. IOS 14.5 sekarang sudah dibekali ATT dimana pengguna dapat memilih membolehkan data anonimnya dipakai ke pihak ketiga untuk kepentingan periklanan atau tidak.

Fitur ini sangat bermanfaat karena membuat pengguna lebih leluasa lagi beraktivitas di internet tanpa diganggu privasi walaupun data tersebut bersifat anonim sekalipun. Namun disisi media iklan dan pengiklan akan terkena dampak dari fitur ini karena iklan yang sesuai rekomendasi atau kebutuhan mungkin tidak akan muncul.

Dukungan untuk AirTag

Dari Spring Reloaded kemarin, Apple memperkenalkan tag pintar yang dapat membantu menemukan barang yang bersama tag ini bila hilang. Mulai IOS 14.5 keatas, iPhone akan dapat bekerja langsung tanpa setting-setting lagi.

Dukungan Controller terbaru

Sebagai pengamat tekno apalagi performa di mobile, dari dulu iPhone punya chipset yang joss gandos. Nah bila agan punya Controller PS5 atau Xbox Series X yang baru ini, iPhone dengan update IOS 14.5 ini sudah support untuk penggunaan controller tersebut.

Dualsense PS5
Dualsense PS5 | Pic dari The Verge

Emoji baru, Siri, peningkatan layanan 5G dan banyak lagi

IOS 14.5 memperkenalkan beberapa emoji baru dari hati yang terbakar (haduh) sampai emm jenggot untuk semua. Pembaruan aplikasi Apple Music, Podcast, Maps, Siri sampai CarPlay. Sinyal 5G dikedua SIM sudah dapat dilakukan juga.

Terakhir, update IOS 14.5 ini sudah tersedia dan dapat diunduh ke iPhone dan iPad (dimana iPadOS) secara global.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar