BLANTERWISDOM101

Cara Cek CPU Throttle dan Stabilitas Sistem HP Android

17 Maret 2021
0
Cara Cek CPU Throttle dan Stabilitas Sistem HP Android

Oy guys, dalam penggunaan HP baik dalam pekerjaan sehari-hari atau saat nge-game kadang kita mengalami performa drop atau patah-patah. Performa menurun ini biasanya disebabkan oleh CPU Throttle dimana menurunkan performa chipset karena overheat atau panas. Selain suhu, sistem Android yang kurang stabil bisa juga menjadi sebab.

Dalam pengecekkan CPU Throttle dan stabilitas sistem, kita bisa menggunakan tool bernama CPU Throttling Test. Kerjanya berbeda dengan benchmark, CPU nantinya akan dites melakukan tugas dalam periode lama. Data seperti suhu, speed core CPU dan skor performa akan dipantau selama pengetesan berlangsung.

CPU Throttling Test

Cara cek CPU Throttle dan stabilitas sistem:

1. Unduh lalu buka aplikasinya

Unduh apiikasinya

2. Klik start test, tes akan berlangsung 15 min (default)

Mulai Tes

3. Selesai kita bisa amati skor

Hasil tes - Normal

Skor tanpa CPU Throttle biasanya speed CPU tidak turun dan suhu stabil. Sistem stabil biasanya skor grafik utama tidak turun jauh.

CPU Throttling - Overheat

CPU yang di throttle namun sistem stabil biasanya memiliki suhu tinggi (berbeda per hp) dan clock speed diturunkan. Skor sebelum dan sesudah throttle tetap stabil walau skornya turun.

Sistem tidak stabil biasanya skor berubah ubah padahal clock speed tetap maksimal dan suhu standar.

Cek Performa Real Life

Ilustrasi Gaming | by Relaxing End

Untuk lebih akurat tentu kita tes dengan tugas sebenarnya. Kita coba bermain game di HP agak lama sambil kita perhatikan adanya frame drop.

CPU yang kena throttle bila HP sudah panas dan performa menurun.

Sistem tidak stabil bila frame drop yang sering (bukan karena sinyal) padahal HP kuat chisetnya dan tidak dirasa panas.

Mengatasi CPU Throttle dan Sistem tidak Stabil (Mungkin)

Setelah tahu HP kita mungkin CPU throttle nya mungkin terlalu agresif atau sistem kurang stabil, Kita akan coba mengatasinya.

CPU throttle sebenarnya hal yang umum dan wajar. Dilansir dari PC Mag, CPU Throttle fungsinya menurunkan performa chip dengan membatasi clock speed. Hal ini bertujuan untuk membatasi konsumsi daya dan menurunkan suhu CPU. Kemudian sistem yang kurang stabil berasal dari software HP yang kita pakai.

Untuk mengatasi CPU throttle dan sistem tidak stabil, kita dapat memperbarui sistem Android bila tersedia. Pabrikan biasanya meracik pembaruan sistem dimana lebih stabil, performa serta hemat konsumsi daya dan update keamanan.

Cara kedua kita men-tweak sendiri HP menggunakan hak akses root. Biasanya dengan cara menginstall modul Magisk atau merubah settingan kernel. Cara kedua ini kita harus mencari info di forum sesuai model HP kita. Karena menggunakan root, garansi mungkin hangus dan kerusakan sistem mungkin dapat terjadi.

Akhir kata

Sekian artikel tentang cara cek CPU Throttle dan stabilitas sistem di HP kita. Bila HP kita CPU Throttle terlalu sering atau sistem kurang stabil, memperbarui sistem sangat disarankan. Dan untuk pengguna "trobos saja", agan juga bisa memasang modul bila tersedia.

Baik demikian, kekurangannnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Matur nuwun.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar