BLANTERWISDOM101

Inikah Penampakan UI dari Android 12 nanti?

09 Februari 2021
0
Logo Android

Oy guys, seperti biasa Google setiap tahun memperbarui OS Android dimana akan memiliki fitur baru dan biasanya tampilan yang berbeda. Walau Android 11 belum banyak diadopsi, Google sudah mulai pengembangan Android 12 ini.

Dilansir dari XDA-Dev, ada kemungkinan dokumentasi pengembangan Android 12 bocor. Dokumentasi ini berisikan fitur-fitur yang akan disematkan dan perubahan dari UI Android itu sendiri.

Privasi

Fitur utama yang akan disematkan mungkin adalah keamanan privasi. Android akan memberitahu fitur Smartphone yang sedang digunakan aplikasi, contoh kamera dan microphone. Sistem akan memberikan tanda berupa titik hijau di atas kanan apabila fitur aktif.

Titik hijau di atas kanan

Pengguna nantinya bisa mengecek apakah suatu fitur kamera atau mikrophone sedang digunakan aplikasi. Kemudian pengguna bisa mematikan ijin akses contoh kamera dan microphone bila dirasa ada aplikasi yang mencurigakan.

Pengaturan pemberitahuan privasi

Dari pengaturan terlihat pengguna dapat menonaktifkan kamera, microphone dan lokasi secara gelobal untuk semua aplikasi. Ada juga opsi untuk penonaktifan fitur per aplikasi.

Tidak hanya notifikasi privasi, Android 12  juga membawa perubahan seperti notifikasi dan widget. Area notifikasi atau pemberitahuan masih membedakan mana yang chat dan mana pemberitahuan biasa. 

Notifikasi

Yang berbeda dari pewarnaan area notifikasi, kemudian quick setting menjadi 4 buah. Anehnya ada perbedaan bentuk dari pengaturan yang aktif, mungkin ini bug atau kesalahan?

Area pemberitahuan

Widget

Dan terakhir widget di homescreen. Dari tetangga sebelah sudah menggunakan widget, Android kemungkinan memperbarui sistem widget. Berdasarkan gambar, ada widget cepat untuk memulai percakapan chat. Dan perubahan UI saat memilih widget.

Widget di Android 12

Namun dari XDA, dokumen yang menjadi informasi ini belum diketahui apakah resmi atau tidak. Bisa jadi Android 12 nanti berbeda dari data diatas. Yang jelas, ada gambaran awal untuk Android 12 ini dan bisa jadi Google memperkenalkannya lewat DP atau Developer Preview tidak lama lagi dimulai.


Sumber

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar