BLANTERWISDOM101

Sony Rilis Xperia PRO, Ponsel 5G mm Wave untuk Profesional Beneran

27 Januari 2021
0

Oy guys. Lama sudah tak nampak Sony akhirnya merilis ponsel baru Xperia PRO. Namun tak seperti para pemegang nama pro kebanyakan, Xperia PRO ditargetkan untuk para profesional beneran dalam bidang photography, vloging dan broadcast.

Sony Xperia PRO

Walau laris sebagai penyedia sensor ponsel, tapi sudah lama Sony tidak menghadirkan ponsel resmi di Indonesia sejak Xperia Z5. Di international sendiri, Sony masih mengeluarkan Xperia baru. Terakhir Xperia 1 II (dibaca Mark Two) dan 5 II di 2020.

Dan ponsel tahun kemarin berbeda dengan kebanyakan pabrikan, mereka menargetkan untuk kalangan tertentu seperti 1 II untuk penghobi photographer.  Strategi ini berlanjut untuk kalangan lebih tinggi lagi, profesional.

Xperia PRO yang di perkenalkan tahun kemarin akhirnya dirilis Sony di US untuk $2500. Kok muahal weh??!!

Xperia PRO

Bukan seperti seri pro di pabrikan ponsel lain, Sony menargetkan Xperia PRO ini untuk kalangan profesional beneran. Karena diperkenalkan tahun kemarin, ponsel ini memiliki spek yang sama dengan 1 II,  Sanpdragon 865, layar 6,5 inch 4K, triple kamera seimbang 12MP, dll.

Yang beda Xperia Pro ini bisa support 5G kasta tertinggi, 5mm Wave yang baru ada di negara tertentu seperti US. Dalam optimasi penerimaan sinyal, Sony mendesain antena sedemikian rupa agar dapat menangkap sinyal 360 derajat.

Kinerjanya nanti saat joki kamera shooting, data bisa langsung dikirim ke kantor pusat hanya menggunakan ponsel. Karena sudah menggunakan 5mm wave, data dapat terkirim cepat dan realtime untuk cepat diolah pula dipusat.

Ponsel ini selain untuk modem 5G dan alat pengirim data, Xperia PRO juga dapat sebagai monitor kedua kamera. Yap, ponsel jni sudah dilengkapi micro hdmi ditambah layar tajam 6,5 inch 4K. Selain itu pembaruan kualitas body yang istilahnya lebih "wantek".

Xperia PRO sebenarnya salah satu benifit dari teknologi 5G. Hanya dengan tambahan ponsel, studio kecil atau konten kreator bisa saja menyamai studio tv sekalipun.

Mungkin $2500 mahal untuk ponsel, kalau hanya ponsel. Namun bila ponsel ini bisa mengganti mobil untuk live broadcast? Acara live di YT cukup dua orang? Hmm bisa lebih hemat crew di lokasi shooting dan tentu hemat maintenance (karena ponsel).

Sayangnya untuk mendapat performa fungsional terbaik Xperia PRO ini tergantung dari lokasi shooting sudah 5G dan kalau bisa sudah 5mm wave. Di Indonesia sendiri kemarin untuk 5G ada pembatalan hasil bid, belum tahu kedepannya.

Xperia PRO ini baru dijual untuk wilayah US saja entah apakah ke internasional. Bila dibeli sekarang, device ini masih future proof mengingat banyak negara ingin mengadopsi teknologi 5G ini.


Baca lagi Xperia PRO

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar