BLANTERWISDOM101

Review Kabel Data Mi: Kabel Murah Apakah Rekomended?

19 Januari 2021
0

Oy guys. Keseharian menggunakan gadget pasti tidak lepas atau jauh dari yang namanya kabel data. Baik untuk charger HP atau untuk transfer data ke komputer. Ada banyak varian kabel data dipasaran yang bisa dipilih, bila yang original rusak.

Review Kabel Data Mi: Kabel Murah Apa Rekomended?

Ada yang premium dengan bahan dan keawetan kabel yang terjamin dan ada yang murah bingit. Bicara yang murah, ada salah satu kabel yang termurah yang bisa dibeli dengan kisaran harga 15 ribu kebawah. Memang murah, namun sampai mana kemurahan ini membawa kita mewujudkan harapan? Akankah kita bisa terus bersama ehem tidak rusak-rusak? hadeh :v

Kita mencoba menguji kabel ini seberapa kemampuan yang bisa kita handalkan. Tahapannya nanti dari charger, transfer data (kecil maupun besar), adb debugging aplikasi Android dan terakhir screen mirroring.

Setidaknya kita akan tahu batasan fungsi kabel ini cocok dipakai untuk pengguna yang mana.

Box & Kabel

Dalam package produk, kabel data micro USB Mi ini memiliki box. Yapp kadang kabel murah ada yang tidak punya box. Isinya sendiri hanya ada kabel tanpa kitab-kitab.

Penampakan kabel data

Bahannya sendiri sepertinya karet biasa dan bila urai, kabel cenderung kaku dibandingkan kabel bawaan OEM. Kabel disini berwarna hitam doff tentunya dengan port male USB dan micro USB yang baru dan mengkilap.

Tes Charger

Kabel micro USB Mi ini punya fitur ternyata, dapat menyuplai daya dari charger maksimal 2A saat proses charging, kata penjual. Daya suplai 2A sendiri sudah menjadi standar charger bawaan HP-HP sekarang.

Disini saya coba tes menggunakan realme C3 dan kepala charger bawaan (5V/2A). Dan hasilnya benar saja, kabel mampu menghantarkan daya ke HP sebesar 4V dan 1,8A. Angka ini hampir sama dengan kabel data bawaan realme-nya.

Untuk presisi port seperti kabel baru lainnya sudah mantep klek di port HP maupun charger.

Transfer data

Dalam melakukan transfer data, kabel data ini cukup baik dalam mentrasfer file - file ringan seperti dokumen, foto dan sebagainya. Kemudian kita tes transfer file besar dari dan ke HP juga lumayan baik dengan kecepatan rata-rata USB 2.0.

Namun saat pertama mencoba, file tidak tertransfer, entah mungkin dari Windowsnya. Setelah di pasang ulang, transfer jadi bisa tanpa halangan.

Debugging App

Ketiga kita akan mengetes kabel dengan debugging suatu projek aplikasi Android Studio. Dan dalam debugging biasanya akan ada proses lalu lintas data baik mengirim atau membaca dari HP. Proses ini biasa ditempuh untuk menguji aplikasi Android yang dibuat.

Debugging dan Logcat OK

Dan hasilnya ternyata juga bisa, aplikasi dapat diinstall di HP target. Pembacaan logcat dari pengujian aplikasi juga lancar setidaknya. Karena hanya tes singkat, kita belum tahu kedepannya apakah performanya awet. Yang jelas kabel ini bisa digunakan untuk proses debugging.

Screen mirroring

Mirroring bisa walau delay

Keempat kita tes menanyangkan layar HP ke PC disebut mirroring. Proses ini tentuya HP akan memberikan data tanyangan ke PC secara terus - menerus. Tak hanya menanyangkan, kita sekalian tes mengontrol HP dari PC. Berarti akan ada data inputan terkirim ke HP. 

Tes menggunakan adb dan aplikasi scrcpy dengan langkah penggunaan sama seperti dulu. Saat dijalankan ternyata berhasil menayangkan ke PC. Kontrol HP dari PC juga bisa dilakukan tanpa hambatan. 

Namun untuk kecepatan mirror dirasa lambat atau delay dibanding kabel bawaan. Bila kita buka aplikasi, input berhasil dikirim instan, namun penanyangan ke PC agak terlambat.

Flash HP

Dan disini tesnya berakhir. Dalam flash HP, sangat dianjurkan untuk memakai kabel yang bagus, setidaknya bawaan OEM. Berbeda dengan debugging, bila kabel gagal berfungsi saat proses flash berlangsung bisa berpengaruh fatal ke HP yang di flash (hardbrick).

Walaupun kabel ini sudah bagus bisa sampai di tes ini, karena resiko yang mungkin bisa terjadi tes ini tidak dilakukan.

Akhir kata

Akhir review kabel data Mi

Dan akhirnya selesai, Kabel data MI ternyata sangat baik untuk melakukan tugasnya. Dari beberapa tes diatas, kabel sudah cukup melakukan tugas-tugas dengan baik. Untuk penggunaan basic atau umum tentu kabel ini bisa diandalkan.

Kelebihan:

- Kualitas bahan OK

- Handal menjadi pengganti kabel charger

- Transfer data ke PC tanpa hambatan

- Bisa digunakan debugging dan screen mirroring

Dan bila anda menggunakan kabel ini untuk advance seperti kabel debugging permanen atau kabel untuk flash HP, kabel mungkin bisa digunakan namun bila pekerjaan beresiko. Lebih baik tambah budget untuk kabel yang lebih baik lagi.

Kekurangan:

- Belum bisa dipercayakan untuk tugas berat seperti flash HP

Sekian review kabel data MI kali ini, hadeh kabel murah sampai segitu tesnya wkwk. Oh untuk keawetan sendiri, kabel biasa digunakan sebagai ces dari Agustus akhir 2020 dan masih awet ternyata.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 Komentar