BLANTERWISDOM101

Psst! Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp (Disappear Message)

12 November 2020
Cara menggunakan pesan sementara WhatsApp

Oy guys, WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Tak hanya penggunaannya yang gratis, WhatsApp juga punya beberapa fitur yang membuat komunikasi semakin unik. Seperti chat ke teman tanpa menyalakan notif dibaca, chat tanpa perlu simpan nomor, update status, stiker, atau hapus pesan saat salah nulis.

Bicara soal hapus pesan, tahukah anda WhatsApp punya fitur baru dimana pesan anda akan terhapus otomatis setelah 7 hari terkirim? Pesan sementara nama fiturnya dan berikut cara menggunakan:

Pesan Sementara WhatsApp

Melalui situs resmi WhatsApp, pesan sementara yang dikirim akan dapat dilihat maksimal sampai 7 hari. Fitur ini dapat anda aktifkan per-chat individual, bila group hanya admin yang dapat mnegaktifkan fitur pesan sementara ini.

Namun pesan sementara ini masih dapat dilihat dengan ketentuan berikut

  • Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.
  • Ketika Anda membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang Anda balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.
  • Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Untuk pesan media sendiri seperti gambar, video, suara akan tetap tersimpan di HP penerima (bila media telah diunduh). Hanya pesan media tersebut yang dihapus.

Menggunakan Fitur Pesan Sementara

Penggunaan fitur ini cukup mudah

1. Pastikan versi WhatsApp resmi sudah yang terbaru, cek updatenya klik disini.

2. Pilih chat yang diinginkan lalu klik di tentang informasi kontaknya.

klik informasi kontak

3. Scroll ke bawah ada opsi pesan sementara lalu aktifkan

Temukan opsi pesan sementaraAktifkan fitur pesan sementara

4. Bila aktif, akan ada pemberitahuan di chatnya dan ada tanda khusus dekat foto profil kontak.

Pesan sementara berhasil aktif

Selesai, sekarang pesan yang dikirimkan ke kontak tersebut akan hilang dalam 7 hari kedepan. Tak lupa bila ingin mematikan kembali, ikuti langkah ke 2 dan 3 lalu matikan pesan sementara.

Sekian artikel kali ini, monggo share bila bermanfaat. Baca lagi tentang pesan sementara WhatsApp disini


Matur nuwun

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar