BLANTERWISDOM101

Google Flutter Mulai Uji Coba Menjamah ke Windows 10

27 November 2020

Oy guys, Google Flutter, salah satu bahasa pemrograman yang dimana satu source code bisa untuk banyak platform seperti Android dan IOS kabarnya akan melebar lagi ke Windows. Sama seperti Microsoft, Google juga ingin mengembangkan sebuah solusi antar platform untuk kemudahan para developer dalam pengembangan aplikasi.

Flutter App di Windows 10 pic by Windows Latest

Dilansir dari Windows Latest, bergandeng dengan Microsoft Universal Windows Platform Google merilis contoh app Flutter-nya. App pertama ini bertemakan pencarian gambar dimana menggunakan Unsplash API untuk engine utama pencarian.

Flutter Desktop Photo Search namanya, bisa langsung agan coba kesini. Pendapat awal, aplikasi enteng untuk dijalankan dan penanganan UI saat jendela app ubah sudah sangat baik.


Dengan menggunakan Flutter dalam bahasa pemrogramannya, programmer tak perlu lagi membuat lagi dari awal aplikasi mereka di platform berbeda. Cukup Flutter untuk semua platform seperti Android, IOS, Web dan sekarang Windows.

Untuk app demonya tadi Google menggunakan distribusi lewat Microsoft Store. Pertanyaannya apakah aplikasi berbasis Flutter harus didistribusi lewat Microsoft Store atau bisa berbentuk file eksekusi (.exe)?. 

Belum ada jawaban untuk sekarang. Namun dilihat-lihat dari aplikasi demo, pada tahun depan aplikasi Windows berbasis Flutter kemungkinan siap datang ke Windows 10.


Via Windows Latest

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar