BLANTERWISDOM101

Gass! Upgrade Kamera dengan Pasang GCam di Semua Android, No Root

13 November 2020

Oy guys, GCam adalah software kamera spesial uang menjadi bawaan di Google Pixel. Yang membuat software racikan Google ini spesial adalah hasil yang di protret selalu memuaskan. Baik saat cahaya cukup ataupun minim cahaya. Menariknya lagi, karena Android yang open menjadikan GCam dapat dipasang di berbagai device Android lainnya.

Cara Memasang GCam di Semua Android

Karena hardware kamera yang digunakan tiap smartphone berbeda-beda tak jarang GCam gagal terpasang, gagal menampilkan kamera atau gagal menyimpan foto atau video.

Untungnya ada beberapa versi GCam yang universal bisa dipasang hampir semua Android tanpa perlu config tambahan atau root.

Google Camera a.k.a GCam

Sudah digambarkan diatas, GCam atau Google Camera sebenarnya adalah software kamera bawaan yang diracik Google khusus untuk smartphone buatan mereka, Pixel. Yang menjadikan GCam gahar adalah algoritma pemrosesan foto yang mengagumkan. Contoh Pixel 3 yang hanya satu modul kamera, dapat menghasilkan foto blur background, zoom dan low light yang tak kalah dengan multi kamera di perangkat high-end lain.

Fitur unggulan GCam

Perbandingan NightSight

✔️ Hasil tajam dan minim noise: Gambar jepretan terlihat lebih tajam dan minim noise. Kadang warna lebih pop dan lebih terang.
✔️ HDR+: Membuat gambar lebih terang seimbang, minim banyangan gelap di sudut-sudut foto.
✔️ Night Sight: Memfoto dalam kondisi kurang cahaya, foto dihasilkan lebih terang dan tajam dibanding kamera bawaan
✔️ Astrophotography: Mode khusus memotret pemandangan malam. Mode ini memaksimalkan pemandangan langit seperti bintang dan bulan.

Gimana tertarik? Gass!

Memasang GCam

Ilustrasi Kamera Google Pixel 5

Banyak sekali versi mod GCam yang dapat dicoba ke device kesanyangan. Ada yang cocok namun ada pula yang tidak. Bila agan beruntung, ada modder yang membuatkan racikan GCam khusus untuk perangkat agan. 

Bila perangkat yang digunakan belum ada GCam yang cocok  karena device baru atau mungkin device sudah level legendary (sudah lama). Agan bisa coba GCam biasa (tanpa Mod khusus) yang harusnya bekerja di semua HP Android. Cara memasangnya cukup install aplikasi seperti biasa. Berikut varian rasa yang bisa dicoba

Min Android Nougat 7.1
Gcam 4.2.022 Download
Min Android Nougat 7.0
Gcam 4.1.006 Download
Min Android Marshmallow 6.0
GCam 3.2.045 Download
GCam 3.2.042 Download
GCam 3.1.025 Download
Min Android Kitkat 4.4
GCam 2.7.010 Download

Agan bisa sesuaikan sesuai versi Android masing-masing. Biasanya versi tinggi (4.1 atau 4.2) lebih baik, namun semua kembali ke perangkat masing-masing mana yang paling sesuai.

GCam Go (Ringan)

Google Camera Go Edition

Ada lagi GCam yang ringan (13MB nan) dan bisa dipasang hampir semua Android, alternatif untuk GCam diatas. GCam Go namanya, versi lite nya Google Camera. Karena versi ringan tentu fitur dan kemampuan tidak selengkap atau sebagus GCam pada umumnya. Monggo unduh dibawah ini.

GCam Go HDR Download
GCam Go Parrot Download

Akhir Kata

Google memang sangat epic kalau meracik software kamera. Beberapa model Pixel menang melawan contoh iPhone dan Samsung saat low-light. Dan kini software andalan Pixel ini dapat dicoba diperangkat kesanyangan eaa :v

Ingat karena GCam jenis ini GCam biasa tanpa sentuhan optimasi atau Mod, mungkin hasil potret yang didapat kualitasnya tidak/belum maksimal. Tetap rekomendasi mencari Mod GCam khusus untuk perangkat agan bila ada nanti.

Ok sekian artikel kali ini, bila ada versi yang gak work monggo komennya. Big thanks untuk group GCam Indonesia untuk info dan filenya.


Matur nuwun

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar