BLANTERWISDOM101

Cara Memakai Ulang CD / DVD R yang Salah Burning

04 November 2020

Oy guys, memakai CD dan DVD R untuk memindahkan file personal memang sudah jarang dilakukan. Tapi walau jarang, piringan ini masih tetap dipakai di industri contoh untuk album musik, kaset game, film dan lainnya. Karena kelebihan CD atau DVD itu sendiri, burning data.

Cara memakai ulang CD / DVD yang salah burning

Dengan burning, data yang telah simpan ke dalam piringan CD atau DVD hanya bisa di baca atau di copy. Tidak bisa di ubah atau dihapus serta ditambah lagi data ke piringan CD atau DVD.

Nah saat kita burning file kadang filenya yang diburning salah, mungkin karena ada yang kurang atau masih ada revisi lagi ternyata. Bila jenis piringan RW (Read-Write) kita bisa burning kembali file di kasetnya, tapi untuk jenis R (Read) hanya bisa sekali burning saja.

Ada cara menggunakan kembali CD atau DVD R yang telah diburning ini agar bisa dikirim data lagi. Namun dengan catatan fungsinya nanti menjadi removable disk (seperti flashdisk) dimana bisa dihapus dan di ubah, tidak seperti burning. Baik ini dia

1. Masukkan CD atau DVD lalu ke file explore

2. Pilih disk yang piringan tadi lalu format

Klik kanan pada disk CD / DVD lalu format

Format CD / DVD biarkan default

3. Setelah selesai, eject lalu masukkan kembali CD atau DVD nya

4. Selesai, kita bisa mengirim lagi file ke piringan.

Sekian artikel kali, cara ini lumayan untuk menghemat piringan saat kepepet wkwkwk. Selalu cek kembali apakah CD atau DVD dapat dibaca di komputer lain. Oke, matur nuwun

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar