BLANTERWISDOM101

Indosat MPWR Review: Kartu Perdana Digital yang Baru Lagi??!!

29 Oktober 2020

Oy gaes, sepertinya operator lain turut ikut merilis perdana all digital nih, tak terkecuali Indosat. MPWR nama perdananya, singkatannya? Empower, Males Poll We Rekk wkwk. Yang benar My Power ternyata, tapi benarkah kita membutuhkan pilihan baru lagi untuk kekuatan internet kita? Bagaimana kualitas dan harga yang mereka tawarkan?

Indosat MPWR Review Fishertekno

Indosat MPWR

Dilansir dari Uzone, Indosat baru akan meresmikan MPWR 27 Oktober, namun pengguna dapat langsung mencoba kartu digital dari Indosat ini sebelum rilisnya. 

Ya bermula dari kesuksesan mas bayu dari tsel, beberapa operator kepingin juga merilis kartu perdana digital milik mereka sendiri. Sekarang setidaknya ada empat varian yang bisa kita coba yakni By.U dari Telkomsel, Live.On dari XL, Switch dari Smartfren dan pilihan baru dari Indosat MPWR.

Pilihan Kuota

Meski baru, MPWR sudah punya beberapa pilihan paket. Sebelum mulai memilih paket, MPWR akan menanyakan dahulu tentang kesukaan kita yang dibagi dalam kategori. Minimal kita bisa pilih 5 dan maks 8. Kesukaan tadi digunakan untuk rekomendasi promo yang kita dapat.

Paket yang tersedia saat artikel ini ditulis 

Friendly - 12GB 25K

Buddy - 23GB 37,5K

Bestie - 38GB 50K

Semua paket aktif 30 hari dan masa aktif kartunya 60 hari. Namun harga tadi adalah promo 50% untuk 10K pelanggan pertama dan ada tabahan kuota hingga 50% yang tertulis.

Ya kalau permanen langsung sikat :v

Pilihan kuota MPWRPaket tambahan MPWR

Selanjutnya ada paket tambahan, untuk apps mulai dari 4k masa aktif 30 hari. Dan unlimited?? mulai 5K masa aktifnya 30hari dan tambahan 15 off-net min (kemungkinan ini nelpon).

Setelah itu, kita membuat akun mpwrnya dengan dua pilihan melalui Facebook atau Google. Kemudian lanjut checkout ke pembayaran dan pilihan lokasi pengiriman kartunya.

Kualitas Internet

Hore kartu datang saatnya tes. Seperti yang diketahui, MPWR milik Indosat jadi kemungkinan besar kualitas Internetnya seperti Indosat pada umumnya. Kita coba tes kartu ini speed maksimal & minimumnya di lima waktu yang berbeda. Subuh (04-06), Pagi (09-10), Siang (12-14), Sore (17-18) dan malam (20-22). 

Agar lebih akuran, pengetesan dilakukan 10 kali (5 multi, 5 single koneksi) di setiap waktunya. Lokasi pengetesannya berada di suatu daerah di Jawa tengah dengan bar sinyal penuh 4G. Hasil yang di dapat sebagai berikut:

Rata-rata kecepatan download MPWR | Fishertekno
Rata-rata kecepatan download MPWR | Fishertekno
Rata-rata kecepatan upload MPWR | Fishertekno
Rata-rata kecepatan upload MPWR | Fishertekno

Kecapatan di pagi dan siang hari lumayan lancar menggunakan kartu ini. Tapi setelah sore dan malamnya sepertinya mulai terjadi kendala. Dari kecepatan downloadnya, sudah cukup untuk digunakan nonton YouTube atau browsing social media. 

Lanjut ke uploadnya, malah bisa mengalahkan download dihari biasa. Kecepatan rata-rata untuk upload stabil di angka 2rb-an KB/s alias 2MB/s (sudah Byte bukan bit). Hmm aneh sekalee, malah ngalahin download-nya :v Harusnya MPWR ini lancar digunakan untuk live streaming ataupun meeting online.

Trus top speed dari kartu ini? Kita coba uji dijam emasnya download, saat subuh. MPWR mendapat kecepatan download tercepat 7.540 KB/s atau 7,3MB/s. Rata-rata kecepatan yang dihasilkan di jam subuh ini sebagai berikut:

Rata-rata kecepatan tercepat MPWR | Fishertekno
Rata-rata kecepatan tercepat MPWR | Fishertekno
Sesi tes MPWR dengan kecepatan tercepat
Sesi tes MPWR dengan kecepatan tercepat

Bila speed-nya di bit, kecepatan unduh maksimal sudah dikisaran 58Mbps. Mungkin masih bingung bit dan Byte? 1 Byte = 8 bit data, bit biasa untuk standar kecepatan transfer data, Byte biasa untuk standar ukuran data. CMIIW.

App dan Fitur Unik

Di tampilan utama, kita disuguhkan dengan promo terbaru dari MPWR dan patner yang mungkin anda sukai. Ada lima menu di navigasi bawah: promo (tampilan awal), pemakaian paket, wallet (cek pulsa dan histori transaksi), profil dan bantuan.

Tampilan utama MPWRCek Kuota MPWRCek Pulsa MPWR

Sejauh ini belum terlalu banyak fitur unik selain promo langsung dari patner yang bisa didapat.

Keluh kesah

Kecepatan Bengong

Kekurangan MPWR sejauh ini yang terlihat dan paling berkesan adalah sinyal bengong bila tidak digunakan. Bengong ini kecepatan mati, yapp mati seperti hilang tanpa jejak. Masalah ini bisa kembali normal secara sendirinya, tapi kadang harus di airplane atau direset dulu koneksinya.

App tidak Sign-in otomatis

MPWR bila dipindahkan ke HP lain, untuk menggunakan app tetap harus sign-in terlebih dahulu walau mengaksesnya sudah memakai jaringan MPWR-nya . Tidak otomatis masuk seperti operator lain pada umumnya. Ya semoga dibenahi untuk update kedepan.

Akhir kata

Ya Indosat-pun ikut dalam meramaikan pasaran kartu perdana digital di Indonesia. Pertanyaannya, perlukah kita mengganti kartu kita dengan MPWR ini? 

Hmm untuk saat pertama launch ini pastinya banyak promo yang bisa kita dapat, jadi tak ada salahnya bila agan mencobanya. Oh dapatkan pula bonus kuota sampai dengan 3 GB menggunakan kode referal berikut FARI5608043

Baik sekian artikel review kali ini untuk Indosat MPWR. Ada pertanyaan atau kesalahan monggo komen dibawah. Matur nuwun.

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar