BLANTERWISDOM101

Wallpaper Apik ini Bikin Kebanyakan Android Jadi Crash??!!

02 Juni 2020

Oy gaes, beberapa hari lalu di kehidupan berteknologi kita sedang ramai oleh wallpaper. Bukan membahas gambarnya diambil dimana, melainkan gambar tersebut bisa membuat kebanyakan Android crash saat diset menjadi wallpaper. La kok?!

Wallpaper keramat
Bukan gambar original

Bermula dari tweet leakster, Ice Universe 31 Maret lalu. Ia membuat tweet berikut

Dan rasa ingin tahu netizen menjawab, wallpaper tersebut keramat. Banyak model hp tak hanya dari Samsung, tapi juga Oneplus, Xiaomi dan bahkan Google Pixel brick setelah mensetnya jadi wallpaper.

Ada apa sebenarnya?

Usut punya usut, dari Android Authority. Masalah tersebut muncul dari color space dari gambar tersebut, dimana melebihi kemampuan yang bisa diproses system UI di Android.

System UI hanya bisa menghendel gambar dengan sRGB, dan tidak ada pengecekan dahulu apakah gambar tersebut sRGB atau bukan.

Nah kembali ke gambar tadi. Gambar tersebut memiliki RGB value lebih dari 255 (dimana gambar standar max 255). Hal tersebut menjadikan System UI crash dan tidak bisa berjalan.

Solusi

Beberapa user ada yang mengatasinya dengan mengganti kembali wallpaper sebelum system UI benar - benar crash, ada yang menghapus wallpaper lewat TWRP. Namun solusi yang paling mujarab dengan direset ke settingan pabrik, ya, juga akan menghapus semua data kita yang lain.

Kedepanya - Android 11

Untungnya hanya dari suatu gambar, jadi tanpa perlu coba-coba set gambar tadi jadi wallpaper aman lah harusnya.

Update harusnya sudah dikerjakan pabrikan dan siap dikirim nantinya.

Untuk Android yang terbaru, Android 11 hal tadi tidak berlaku. Gambar akan selalu diubah ke sRGB sebelum di set menjadi wallpaper.

Nah bagaimana gan, berani nyoba gambar keramat ini? :v

Via 1 & 2

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar