BLANTERWISDOM101

Oh no, Xiaomi Dikabarkan Mencatat Semua Aktivitas Browsing Para Penggunanya

02 Mei 2020
Oy gaes, Perusahaan besar Xiaomi kabarnya melakukan record atau pencatatan aktifitas para pengguna saat browsing.

Redmi Note 8 | Android Central

Dilansir dari GSMArena, seseorang yang bekerja dengan Forbes menyatakan Xiaomi selama ini mencatat aktifitas pengguna browser bawaan Xiaomi (tak terkecuali Mi Browser pro dan Mint Browser).

Gabriel Cirlig, security research, menggunakan Redmi Note 8 sebagai hp sehari-hari. Ia menyadari device tersebut mencatat hampir semua aktifitas yang ia lakukan. Belum selesai disitu, setelah ditelusuri, data tersebut di kirim ke server Russia dan Singapura dimana domain dihost dari Beijing.

Data tersebut dikirim dalam format base64 yang dimana enskripsi format ini kurang baik sehingga dapat dengan mudah dibaca.

Menanggapi hal tersebut, Xiaomi menyatakan salah paham dan tidak benar. Seorang juru bicara menyatakan Xiaomi menaati semua peraturan dan regulasi yang berlaku tentang data privasi dan data browsing tersebut sudah dianonimkan.

Tapi kenapa Xiaomi mencatat hal tersebut? Ditambahkan mereka, Xiaomi melakukan hal tersebut untuk kepentingan peningkatan pengalaman pengguna dalam browsing. Data tersebut sekali lagi tidak berkaitan dengan data identitas pengguna.



Sumber Forbes | Via GSMArena
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar