BLANTERWISDOM101

Diskus: Kamera Macro di HP, Bergunakah Sebenarnya?

03 Mei 2020
Oy gaes, baru - baru ini banyak pabrikan HP enggunakan kamera baru dengan lensa macro. Ya, lensa dengan kemampuan fokus jarak dekat. Banyak HP sudah menggunakan kamera jenis ini, tapi karena fungsi yang demikian, apakah banyak digunakan atau sebatas gimmick?

Diskus Kamera Makro HP

Jujur saja, dibalik penggunaan lensa macro, pabrikan juga menambah resolusi kamera utama menjadi 48MP keatas. Namun tak sebanding dengan lensa macro yang diberikan yang biasanya hanya 2-5MP saat ini.

Hmm kenapa berhubungan dengan kamera utama?

Kamera macro berkemampuan menangkap detail lebih walaupun benda yang berukuran kecil. Selain itu, kamera dapat fokus sampai benda berjarak 4cm. Namun gambar yang dihasilkan biasanya tak sebaik kamera utama karena sensor yang digunakan juga berbeda. Selain itu gambar yang dihasilkan juga beresolusi lebih kecil.

Sebenarnya, memotret macro dengan kamera utama bisa dilakukan. Agan coba memotret sedekat kamera utama bisa lalu coba potret. Karena resolusi gambar lebih tinggi, kita bisa crop hasilnnya untuk menciptakan susana dekat. Berikut sampelnya dari Realme C3 (2MP makro & 12MP)

Sampel kamera macro RC3 by feriansyah

Sampel kamera utama RC3 by feriansyah

Walaupun memang kamera macro bisa memotret dengan jarak yang dekat sekali, hasil disandingkan dengan kamera utama masih jauh berbeda. Dari noise dan warna sangat berbeda (setidaknya HP ini). Hanya fokus yang sulit didapat untuk kamera utama.
100% crop | Makro & Utama
Ukuran benda disamakan | Makro & Utama
Kamera macro memiliki "blur" yang sedikit dibanding kamera utama. Jadi untuk menangkap suasana walau jarak dekat, macro lebih unggul. Namun untuk kesan gambar kecil, kamera utama lebih natural.

Lantas, kamera macro cuma gimmick?

Kalau menurut pribadi, jika sensor kamera kecil hanya 2MP misalnya, kamera ini tidak terlalu bermanfaat. Karena dibandingkan dengan hasil kamera utama masih kurang setanding, apalagi sesor kamera utama kita besar.

Mungkin akan beda lagi cerita jika resolusi kamera diperbesar, 12MP misal, hasil akan jauh lebih baik lagi. Namun juga objek foto makro biasanya jarang kita foto, biasanya kamera kita gunakan lebih kepemandangan. Tapi ini kembali ke agan juga.

Ya itu dia pembahasan singkat mengenai kamera makro di HP jaman sekarang. Gimmick? kalau resolusi kamera kecil, emm gimmick. Tapi bagaimana menurut agan? Ok sekian, bila ada kesalahan mohon maaf.



Matur Nuwun
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar