BLANTERWISDOM101

Sudah Ada Lagi? Ini Dia Fitur Baru Android 11 di Developer Preview 1

20 Februari 2020
Oy gaes, Android tahun kemarin sudah melepas nama cemilan di versi Andoid-nya menjadi angka untuk mempermudah penyebutannya. Ya, karena kemarin Android 10, tentu 11 akan menjadi versi selanjutnya. Seperti rutinitas, Google selalu mengembangkan versi Android-nya setiap tahun dan memberikan preview sebelum diriis.

Android 11 DP 1

Kali ini Android 11 akan membawa pembaruannya lebih ke arah pengembangan fungsi / fitur sebelumnya sudah ada agar menjadi lebih baik lagi.

'Gabeldorsche' untuk Bluetooth

'Gabeldorsche' untuk Bluetooth

Karena aksesoris bluetooth sudah sangat umum kita gunakan, Google mengembangkan Bluetooth stack terbaru bernama 'Gabeldorsche'.

Jika kita memiliki aksesoris bluetooth speaker, headset, headphone banyak, Bluetooth akan memberikan prioritas perangkat mana dahulu untuk dihubungkan. Inilah disebut Bluetooth Stack.


Dilansir dari 9To5Google, Bluetooth stack yang biasa digunakan sekarang adalah Flouride. Nah Gabeldorsche rencananya menjadi pengganti Flouride ini.

Pembaruan API untuk 5G

Pada dasarnya Android 10 sudah dioptimalkan untuk persiapan konektivitas terbaru 5G. Kini di Android 11 Google lebih mengembangkan lagi API untuk penggunaan 5G ini. Dengan API baru, Developer akan lebih mudah dalam pengembangan aplikasi yang menggunakan 5G ini.

Lebih banyak jenis layar di dukung

Waterfall Display

Sudah lihat Galaxy Z Flip? dari Android 10 layar model ini sudah disupport hehehe. Nah di Android 11 akan disupport pula model 'waterfall' display yang mana model seperti edge-nya Samsung tapi lebih terjun bebas. Layar ini ada di Huawei Mate 40. Dan satu lagi pin hole dilansir dari GSMArena, atau mungkin maksudnya punch hole.

Dengan disupport resmi dari OS, sekali lagi developer dapat lebiih mudah dalam pengembangan softwarenya.

Log dan Riwayat Notifikasi

Sekarang banyak pemberitahuan dari grup, deal toko online dan lainnya jadinya tak jarang notifnya tidak kita baca teliti. Karena itu Android menyediakan fitur baru dimana pengguna bisa melihat kembali notifikasi atau pemberitauan sebelumnya, lengkap dengan jam-jam nya.

Riwayat Notifikasi

Untuk Developer, tampilan untuk Notification log telah diperbarui dari sebelumnya sudah ada di Android 10.

Perijinan Fitur lebih ketat

Kita tentu tak ingin aplikasi kita sendiri memata-matai kehidupan kita. Android 11 kita mendapatkan satu lagi kekuatan, dimana aplikasi yang contoh meminta lokasi kita hanya dapat menggunakan fitur lokasi hanya saat itu juga. Jadi setelah aplikasi kita tutup, aplikasi harus meminta lagi perijinan tersebut.

Perijinan oleh Aplikasi

Dan banyak lagi...

Ada perekam layar built-in, jadwal untuk tema gelap, Battery share, dan banyak lagi

Jadwal Rilis

Jadwal Android 11 Rilis

Android 11 baru saja ditahap Developer Preview 1, masih panjang perjalanan sampai Kuartal 3 tahun ini.

Tapi untuk kehadirannya sampai dipasaran, biasanya masih terhadang dengan pabrikan HP yang membuat versi UI-nya sendiri (cth MIUI, ColorOS, dkk) untuk smartphone mereka.


Via 1 | 2
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar