BLANTERWISDOM101

Hands-On Opera GX: Browsernya Untuk Para Gamers!

08 Februari 2020
Oy gan. main game memang salah satu aktifitas yang seru. Game dapat menghilangkan stress, membuat senang, dapat teman baru dan kadang membuat stress bertambah XD. Tak heran ndustri game sekarang lebih pesat tumbuh terbukti dari event kontes yang semakin sering, channel gaming sampai HP khusus gaming juga banyak.


Mungkin itulah yang membuat Opera membuat browser ini. Ya, Opera GX namanya, browser yang di desain khusus untuk para gamer. Tapi tunggu, ini internet browser, masak bisa ada nuansa "Game" di dalamnya? atau hanya sebatas tampilannya saja? Yuk simak impresi pertamanya berikut.

UI/UX

Sesuai temanya, gaming. Saat setup pertama menginstall, Opera GX sudah memberikan atmosfer gamingnya. Garis merah nan tajam dan background hitam yang tersaji epic disini. Pertama membukanya akan diarahkan ke GX Corner, fitur untuk mengetahui berita dan jadwal game yang hangat dirilis.

Opera GX Install

Jika agan pengguna Opera sebelumnya, tampilan Opera GX sebenarnya mirip dengan Opera Browser biasa. Pada sisi kiri ada sidebar untuk pengaksesan fitur lebih cepat dan nuansa ui yang sama. Bedanya ada tambahan fitur GX Control dan shortcut ke Twitch.

Opera GX tab baru Opera GX sidebar Opera GX | GX Corner Opera GX Browsing

Saat browsing, seperti biasa akan disuguhkan bar pencarian ke Google & speed dial. Dapat juga diganti warna aksennya dan wallpaper. Untuk pengalaman browsing internet tak terlalu beda dengan browser pada umumnya.

Fitur Unik - GX Corner

Ke fitur unik yang membuat Opera GX ini berbeda. GX Corner, fitur pantau game yang akan dirilis. Disini ada jadwal rilis, judul game yang akan hadir, berita dan deal. Semua info game dari semua jenis platform. Agan juga bisa diset ke platform favorit agan.

Opera GX | GX Corner


GX Control

Sebuah fitur dimana kita bisa membatasi sumber daya yang dipakai aplikasi ini. Disini ada Network limiter, RAM limiter dan CPU limiter. Ketiga fiur memiliki peran sesuai namanya. Network limiter akan membatasi speed internet kita, limitnya dari 64KBps sampai 5MBps.

Opera GX Network Limiter

RAM limiter akan membatasi Opera GX untuk menggunakan RAM PC kita. limiter terendahnya berada di 1GB. Terakhir CPU limiter, akan membatasi Opera GX untuk menggunakan CPU kita.dengan limit minimum 25%.

Opera GX RAM & CPU Limiter

Dengan GX Control ini, nge-game tidak terlalu terganggu walau sambil browsing baca artikel gamenya, misal. Sebenarnya GX Control ini menarik untuk dibawa di browser biasa.

Lainnya

Selain diatas, fitur lainnya sama seperti Opera Browser pada umumnya. Ada VPN, tab cepat untuk messengers, video-in-picture dan banyak lagi. Oh ya Opera GX menggunakan basis Chromium, jadi extension Chrome dapat dipasang disini. Fitur Opera GX lebih lengkap bisa ke link di bawah.


Akhir kata

Opera GX mungkin dapat membawa era baru dalam perkembangan browser. Browser dengan niche khusus untuk para gamers dengan tampilan yang senada. Selain itu fitur pembatasan sumber daya yang digunakan menjadi poin plus disini.

Opera GX ini masih tahap pengembangan (early access), walau begitu sudah cukup stabil untuk digunakan sesuai tugasnya. Terakhir, bagaimana menurut agan dengan konsep browser gaming ini? Bila ingin mencoba monggo link ada dibawah. Sekian, matur nuwun



Website Opera GX Browser
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar