BLANTERWISDOM101

Wkwkw! Cara Menggunakan HP Android Tanpa Layar Lewat PC

13 Februari 2020
0
Oy gaes, nemu hp tak terpakai mas saya di meja. Layar dan casing sudah gak ada XD yaudah dari pada ndak diapa-apain tak sikat saja :v Kali ini saya akan mencoba membuat HP tanpa layar ini menjadi lebih berguna, dengan mengoperasikannya lewat PC atau Laptop.

Cara Menggunakan HP Android Tanpa Layar Lewat PC

Idenya seperti screen mirroring Android namun masalahnya adalah, gimana cara set-up nya kalau layar HPnya saja tidak ada? nah itu dia wkwkw

Untungnya HP ini dulu pernah saya pasangin Recovery sama di root sekalian, seharusnya USB Debugging-nya masih aktif.

Kisah HP ini

Mereknya Xperia Z3 Compact yang Docomo. Awalnya hp ini sesuai ekpetasi dengan performa yang ditawarkan dan harga murah (Docomo soalnya), tapi teryata hp ini punya satu kelemahan yakni layar.

Layar yang Z3 Compact Docomo ini sangat ringkih, pertama sensor touchscreen kena, kedua jatuh pecah layarnya, ketiga jatuh pecah layarnya :v dan terakhir tidak diganti layarnya sampai sekarang wkwkw.

Kembali ke topik

Untuk mengoperasikan HP tanpa layar ini kita nanti menggunakan metode screen mirroring. Dan sebelum menggunakan, USB Debugging harus sudah aktif dan PC pernah berkomunikasi dengannya.

Untungnya seperti disinggng diatas, HP pernah saya pasangin recovery dan root, harusnya sudah bisa langsung digunakan

Kontrol Menggunakan scrcpy

Saya akan menggunakan tool namanya scrcpy. Selain gratis, tool ini paling ringan dan kecil dibanding yang pernah saya coba.
1. Unduh scrcpy 32bit disini atau yang 64 bit disini (sekitar 22MB)
2. Extract file tadi kedalam folder bebas, contoh di D:

Extract scrcpy.zip nya

3. Hubungkan HP ke PC
4. Terakhir tinggal jalankan scrcpy.exe nya selesai

Berhasil!

Selesai wkwkw Ternyata HP tak terpakai masih bisa digunakan :v Mungkin buat tes debugging android studio, buat cuan hunter aplikasi ganda atau lainnya XD

Q: Kalau Debugging dari awal belum nyala tapi layar ane sudah mati duluan gimana?

Nah itu masalahnya, setelah saya telusuri tetap tidak cara diaktifkan USB Debugging selain harus berinteraksi langsung dengan HP nya, seperti dipenelusuran:

USB Debugging penjelasan

Jadinya tidak ada solusi. Mungkin jika layar posisi pixel kena tapi layar sentuh masih bisa, masih ada harapan. Coba saja aktifkan referensi ke tutor ini.

OK sekian keisengan saya kali ini tentang cara menggunakan HP android tanpa layar lewat pc. Mungkin karena usb debuggingnya jadi tutorial tidak untuk semua kondisi hp, tapi setidaknya berhasil caranya. Sekian,



Matur Nuwun!
Share This :
Feriansyah


Tech enthusiast & tech developer

Reaksi dan Komentar