BLANTERWISDOM101

Bagaimana Bisa Tanpa SIM dan WiFi, Luna Simo Tetap Bisa Internetan?

30 Januari 2020
Oy gaes, ada yang baru geger sepertinya. Produk lokal Luna beberapa hari lalu meluncurkan produk terbaru mereka Luna Simo. Bukan tentang spek gahar atau kamera bening yang bikin populer, tapi ada fitur dimana tanpa kartu SIM fisik dan WiFi, ponsel ini masih bisa internetan.

Luna Simo

Kita bukan bicara tentang e-Sim yang dipakai Apple di iPhonenya, Luna Simo memakai yang namanya virtual SIM.

Menurut Website resminya, ponsel memiliki kemamppuan akses internet dimana saja dan kapan saja dengan kualitas sinyal 4G di 150 negara tanpa kartu SIM fisik dan koneksi WiFi

Sebelum lanjut kita lihat spesifikasi ponsel berikut.

Spesifikasi Luna Simo
Layar: 6,08 inch IPS HD+ dengan aspek rasio 19.5:9
Chipset: Mediatek Helio P23 Octa Core 2.0 GHz
RAM / Internal: 3/32GB
Kamera Utama: 13MP Sony IMX135 + 2MP
Kamera Selfie: 8MP
Baterai: 4100mAh
OS: Android 9 Pie
Konektivitas: Dual SIM + vSIM 4G, Bluetooth, WiFi, GPS
Warna: Black, Green

Jika fitur ini hanya dari software saja, apakah mungkin HP yang lain bisa memakai juga dan jika virtual berarti kita bisa memiliki lebih dari satu virtual SIM?

SIMO


Dalam melakukan fitur ini, Luna bekerja sama dengan Skyroam SIMO, dikutip dari Kompas. Dimana Skyroam (atau H-Communication) adalah perusahaan penyedia internet yang berasal dari US yang dimana memiliki fitur andalan mereka SIMO.

Dari website resminya, SIMO adalah a Chip-level virtual SIM solution for Android devices. Jadi SIMO menggunakan chip khusus untuk virtual SIM, berbeda dengan eSIM, jenis ini tidak dapat memilih operator lain sebagai penyedia akses internet.

SIMO adalah operator penyedia internet dari US yang menggunakan chip sebagai vSIM. Berbeda dengan eSIM, chip ini tidak dapat memilih operator penyedia selain Skyroam.

Cara Kerjanya

SIMO menggunakan aplikasi untuk berlangganan data (seperti mas bayu). Lewat artikel Gadgetren, SIMO intinya menggunakan BTS dari operator yang telah bekerja sama dengan Skyroam (Nebeng istilahnya) sebagai perantaraan sinyal. Nah setelah itu akses internet bisa didapat.

SIMO secara otomatis akan berpindah-pindah sinyal operator yang dirasa lebih optimal. Jadi walaupun kita berada diluar Indonesia sekalipun, bila ada operator patner Skyroam, sinyal masih bisa di dapat tanpa perlu roaming.

Sekilas mirip seperti Google Fi, bedanya Google Fi tanpa chip khusus dan lebih bertujuan ke pengoptimalan kualitas transfer data (gabungan operator & WiFi yang ada).

Menggunakan chip khusus, aplikasi, dan jaringan operator patner yang ada, SIMO dapat bekerja menyediakan akses internet kepada pengguna.

Kelemahan

Keren menurut emang tapi memiliki beberapa kelemahan. Pertama operator penyedia tidak bisa memilih yang lain atau hanya satu operator. Jadi harga kuota mengikuti satu operator tersebut. Kedua, tidak atau belum ada layanan telepon atau SMS. Walaupun sudah jarang digunakan, tapi masih primadona untuk berkomunikasi di daerah terpencil. Ketiga, ponsel yang support teknologi ini masih sangat terbatas.

Kekurangan SIMO Virtual SIM
➤ Tidak bisa memilih operator lain layaknya eSIM
➤ Tidak / belum ada layanan SMS atau Telepon (berdasarkan website)
➤ Terbatas, baru support di chipset MediaTek

Kesimpulan

Virtual SIM salah satu teknologi menarik selain eSIM dan Google Fi. Menggunakan chip khusus sebagai Virtual SIM dan pengoptimalan kualitas sinyal. Kembali kepertanyaan diatas, Virtual SIM tetap hanya satu penyedia, dan hanya bisa digunakan untuk akses internet

Kembali lagi ke Luna Simo, walau sudah menggunakan vSIM, ponsel ini masih ada slot SIM Fisiknya. Jadi beberapa kekurangannya tetap bisa teratasi lah.

Bagaimana menurut agan tentang teknologi satu ini?


Pelajari lagi Luna Simo | SIMO
Referensi 1 | 2
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar