BLANTERWISDOM101

Palapa Ring Akhirnya Diresmikan, Pemerataan Internet Indonesia Sudah Di Depan Mata!

14 Oktober 2019
Oy gaes, Indonesia negara kita tercinta sebentar lagi akan mengoperasikan Palapa Ring atau dikenal dengan "tol langit". Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Palapa Ring ini, dan bila ditelusuri lagi, konsep dari proyek ini sudah ada sejak 2005 kemudian baru di eksekusi tahun 2015 setelah  melewati penyempurnaan dan akhir Agustus lalu resmi selesai.

Internet Indonesia Ilustrasi

Palapa Ring nantinya tidak hanya memperbaiki kualitas internet di Indonesia secara merata, namun juga sebagai pemicu kemajuan di bidang sosial, ekonomi dan lapangan kerja di Indonesia.

Layaknya jalan tol bebas hambatan, Palapa Ring ibarat penghubung utama kesemua jalan-jalan raya internet di Indonesia dengan kualitas jalan terbaik dan kecepatan yang paling kencang.

Dilansir dari situs resmi Kominfo, Palapa Ring adalah sebuah proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Informasi Palapa Ring
Informasi Palapa Ring
Fungsi utama Palapa Ring adalah membuat pemerataan jaringan internet berkualitas tinggi, aman dan murah untuk seluruh daerah di indonesia. Kemudian diharapkan dapat mempercepat akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan sosial ekonomi. Hal tersebut berbanding lurus dengan datangnya Industri 4.0 dimana internet adalah elemen penting disini.

Semoga dengan adanya Palapa Ring ini, kita bisa terhubung dengan saudara kita di pelosok negeri dan kita dapat memanfaatnya untuk kemajuan bersama.


Sumber 1 | 2


Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar