BLANTERWISDOM101

4 Keunggulan Yang Hanya Dimiliki Smartphone ber-Megapixel Besar

27 Oktober 2019
Oy gaes, bannyak pembuat smartphone kini telah menambahkan sensor kamera beresolusi besar pada produk terbaru mereka. Ya, memang masih diperdebatkan untuk apa sebenarnya Megapixel besar di smartphone, sudah pernah dibahas sebelumnya disini.

Ilustrasi Kamera 64MP | Redmi Note 8 Pro | pic by Android Authority
Nah kali ini kita akan menggali beberapa keunggulan khusus untuk mereka yang punya sensor megapixel besar. Apakah hanya besaran angka yang menjadi keunggulan?

Detail Lebih Tinggi di Setiap Foto

Ilustrasi Resolusi Tinggi
Kemampuan utama yang dimiliki untuk sensor dengan Mengapixel besar adalah detail. Suatu scene yang memiliki detail yang tajam disetiap sisi akan lebih mempermudah kita dalam mengambil informasi dari gamabar.

Tak hanya itu, untuk pengeditan foto akan membantu untuk mengoptimalkan gambar, pemangkasan dan lain sebagainya.


Zoom Tanpa Hardware Kamera Khusus

Banyak pembuat smartphone biasanya tidak menyisipkan kamera telephoto (atau lensa 52mm keatas). Bahkan kamera dengan "quad camera" sekalipun tidak menyisipkan telephoto ini. Ya, mungkin juga karena untuk menghemat biaya produksi, mereka biasanya menggunakan sensor bermegapixel besar untuk menggantinya.

Ilustrasi Zoom
Dengan hanya sentuhan dibagian algoritma pemrosesan gambarnya, foto yang diambil walau saat zoom tak kalah dengan kamera berlensa telephoto (hardware khusus). Namun zoom yang dihasilkan tetap berkualitas digital zoom.

Video Stabilizer

Sensor kamera besar ini tak hanya untuk foto, namun juga bisa untuk penstabil gambar saat merekam video. Video yang dihasilkan dengan stabiliser yang aktif akan telihat nge-zoom dibanding saat dimatikan. Itu karena software membutuhkan seperti space khusus digambar untuk meredam guncangan.


Nah karena megapixel tinggi di sensor, fitur ini akan bekerja hebat tanpa mengurangi ketajaman dalam video.

Foto Terang Walau Kurang Cahaya


Kebanyakan sensor kamera beresolusi besar telah memiliki teknologi Quad Bayer. Sebuah algoritma tingkatan pixel yang menata pixel gambar menjadi sedemikian rupa untuk menciptakan gambar yang lebih terang dan tajam. Untuk lebih detailnya tentang quad bayer, bisa dibaca disini

Namun biasanya resolusi gambar yang dihasilkan lebih kecil daripada kemampuan sensornya.


Akhir Kata

Kamera dengan resolusi besar memang sebenarnya "gimmick", bila kita tidak memerlukannya. Tapi untuk profesional dan pembuat smartphone akan lain cerita. Kemampuan dari sensor besar ini terkadang tidak disadari oleh kita, contoh zoom dan video yang stabil.

Ok sekian pembahasan kali ini, kekurangan dan kesalahanya mohon dimaafkan. Matur nuwun sudah membaca sampai akhir. Dan...



Semoga Bermanfaat
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar