BLANTERWISDOM101

Website untuk Mengembangkan Usaha? Apa Berpengaruh?

01 Agustus 2019
Akhir - akhir ini banyak usaha - usaha baru yang lahir. Ide unik dan semangat tinggi kawan - kawan wirausahawan menambah ramai pasar di Indonesia. Sebagai pelaku usaha, tentu salah satu langkah yang ditempuh tentunya mengembangkan usahanya agar menjadi lebih besar lagi.

Membuat Website - Ilustras

Website bisa menjadi strategi baru, tak hanya sebagai pusat informasi produk kita namun juga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Namun apa saja dampak yang berpengaruh? Apakah bisnis lokal / kecil juga perlu menggunakan website? Dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website?

Magnet Penarik Konsumen Baru

Bila kita sedang mencari suatu informasi, pasti pertama adalah mencari di internet lewat mesin pencari. Termasuk anda bisa sampai kesini. Tak terkecuali mencari produk. Dengan website, kita berkesempatan mendapatkan konsumen baru ini.

Sebagai contoh saya akan coba mencari dengan kata kunci Beli Kaos Polos, maka akan keluar seperti berikut

Pencarian dengan keyword umum
Hasil penelusuran dengan kata kunci umum
Hasil penelusuran akan menjadi seperti diatas, dimana peringkat atas biasanya adalah market place besar. Namun dalam berbelanja, kita ada yang mencari toko yang dekat dengan lokasi tempat tinggal. Untuk itu kita coba keyword lebih spesifik: Beli Kaos Polos Solo maka akan muncul seperti ini

Pencarian dengan keyword khusus
Hasil penelusuran dengan kata kunci khusus
Hasil yang diberikan pada peringkat atas yaitu website grosiran kaos polos dan website jempol kaki yang dimana kedua bisnis tersebut berlokasi lokal yakni Solo.

Dalam pencarian kata atau keyword yang umum, biasanya telah dikuasai e-commerce besar. Namun untuk keyword khusus, kita berkesempatan mendapat konsumen baru lebih unggul dari e-commerce tersebut. Psst, anda tetap bisa bersaing dengan e-commerce besar sekalipun dengan menggunakan Ad Word dari Google untuk menaikan peringkat website anda di pencarian.

Sebagai Kios Internet

Jika melihat atau anda sudah memiliki toko di Market Place,  tampilan halaman anda pasti mirip dengan toko lain. Di Market Place pula langsung disuguhkan produk beserta harganya. Makanya toko di Market Place mirip sebagai "Etalase".

Sebagai contoh kita lihat Asus Official Store di Shopee

Asus Official Store Shopee
Asus Official Store
Semua toko di Market Place akan memiliki tampilan serupa, baik bisnis pesaing atau berbeda bidang bisnisnya semua akan berpenampilan sama seperti gambar diatas.

Berbeda dengan Website, anda dapat memilih atau menghias "tempat usaha" lebih baik dan lebih unik. Anda juga dapat menunjukkan produk terbaik, testimoni pelanggan dan lain sebagainya. Makanya Website Usaha bisa sebagai Kios Internet anda, dan dapat ditunjang dengan "etalase-etalase" dari toko Market Place kita.

Asus Official Website
Asus Official Website

Pusat Informasi Usaha (Web App Khusus)

Website tidak hanya ditujukan kepada konsumen, namun kita bisa manfaatkan keperluan toko. Semisal menggunakannnya sebagai database hasil penjualan.  Mengunggah produk, memperbarui harga, mencatat hasil penjualan sampai membuat laporan bulanan penghasilan bisa dibuat di website.

Fitur ini adalah fitur tambahan khusus untuk website, anda mungkin memerlukan tim IT atau jasa pembuatan web dalam kemudahan pemasangan.

Tertarik? Lantas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website?

Platform yang Tepat

Banyak sekali jenis platform website yangtersedia saat ini, dari yang gratis dan berbayar. Pemilihan platform website sangat penting untuk penunjang website kedepannya. Sebagai contoh Wordpress, Joomla, Blogger dan sebagainya. Kebanyakan penyedia biasanya menggunakan platform jenis Wordpress.

Macam - macam platform website

Platform biasanya sudah tersedia dalam satu paket dengan space memori dan bandwidth yang dinamakan Hosting.

Nama Domain

Domain adalah nama dari suatu website agar dapat diakses. Domain untuk toko atau usaha biasa nama dari toko / usaha itu sendiri. Apabila nama terlalu panjang, saran untuk menggunakan singkatan atau nama depan usaha kemudian ditambahkan bidang bisnis anda. Hal tersebut bermanfaat untuk konsumen agar nama website yang mudah diingat.

Akhirnya domain yang terpopuler .com. Namun ada yang lain bila ingin mencoba lain seperti .id .store .net dan sebagainya.

Macam - macam Domain - ilustrasi

Satu lagi, pemilihan penyedia domain juga tak kalah penting. Selain harga murah, juga cepat dan stabil plus sudah punya SSL. Hal ini juga bertujuan untuk keamanan dan performa pencarian di Google yang bagus

Contoh penyedia domain + hosting: RumahWeb, idwebhost, qword dan lain sebagainya.

Tentukan Tema Tampilan

Kemudian kita menentukan tampilan. Tampilan dapat beragam dan bervariasi, namun untuk bisnis biasanya ada dua. Satu, tampilan dengan layout (tata letak) Online Store dimana akan ada fitur seperti pemilihan produk harga dan slide pendukung. Sangat cocok bila bisnis anda menjual suatu barang dengan banyak variasi barang dan harga.

Kemudian yang kedua Company Profil. Tampilan ini akan menyuguhkan informasi tentang bisnis kita. Bagaimana kita bekerja, keuntungan memilih bisnis kita, portofolio hasil kerja dan testimoni para pelanggan. Tampilan ini sangat cocok bila bisnis anda lebih kebidang jasa.

Buat Profil, Kontak Bisnis

Bila tampilan website sudah ada, langkah selanjutnya kita membuat halaman profil usaha kita, kebijakan penggunaan dan kontak bisnis. Anda juga dapat menambahkan sejarah berdiri, visi & misi dan lain sebagainya.

Post Produk / Testimoni Pertama

Terakhir dalam sebelum peluncuran website kita tambahkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk bisnis menjual barang, terdapat foto produk dimana terlihat jelas dan rapi, deskripsi produk, harga dan stok barang.

Rating dan penilaian - ilustrasi

Kemudian untuk jasa, kita dapat tambahkan halaman portofolio yang isinya hasil dari jasa kita (biasanya berupa foto) dan testimoni para pelanggan. Kemudian halaman khusus harga sesuai dengan bisnis anda.

Cara penambahan produk atau testimoni berbeda-beda sesuai dengan platform dan tampilan website anda.

Kesimpulan

Membuat Website untuk mengembangkan usaha adalah satu dari banyak strategi untuk mengembangkan usaha di Era digital seperti sekarang. Contoh lain seperti membuat sosial media seperti Facebook dan IG. Dan mungkin anda melihat, lokasi usaha di Google Maps, membuka toko di Market Place dan lain sebagainya. Semuanya dapat digabung untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ya, dalam berwirausaha tentu dibutuhkan niat, tekat, usaha yang keras. Dan penutupnya tawakal dan meyerahkan semuanya kepada Allah. Selalu bersyukur dan bersabar, semoga kesuksesan datang kepada kita



Semoga Bermanfaat.
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar