BLANTERWISDOM101

Smartphone Megapixel Besar, Efektifkah untuk Sehari - Hari?

21 Juli 2019
Oy gaes, Teknologi kini makin maju saja, kini hanya beberapa milimeter saja kamera sudah bisa beresolusi tinggi. Baru - baru ini saja sudah banyak smartphone dengan resolusi kamera 20MP ke atas.

48MP Ilustrasi | pic by Android Authority
Tapi kadang juga terlintas, berapakah resolusi gambar yang efektif yang digunakan untuk sehari - hari? Apakah 48MP sudah cukup untuk sosial media atau malah kebesaran?

23, 32, 48MP? Terlalu Besar?

Sebelumnya, mari kita lihat dahulu rata-rata penyajian kontennya. Kini rata-rata HP sudah beresolusi Full HD (1080). Artinya kita membutuhkan 1080 pixel lebar gambar untuk Instagram (tanpa di zoom) .

Padahal foto 2MP saja sudah beresolusi 1600x1200 pixel (4:3). Yap sudah cukup lah.

Ilustrasi Resolusi | pic by HowStuffWork
Kemudian,

Semakin besar resolusi maka semakin besar ukurannya. Bila agan memotret 12MP (3120x4160) menghasilkan data berukuran 2,62 MB. Bila katakanlah 48MP, 3x lipat, mungkin bisa mencapai 10MB ukurannya!

Disisi lain,

Sebagai platform, apalagi social media, ingin menghemat resources dan juga mempercepat pengalaman untuk penggunanya. Jadi, kebanyakan perusahaan apalagi gambar dan video menggunakan teknik kompres.

Industri Multimedia | pic by Trade Gov
Teknik Kompresi kinerja umumnya akan memperkecil resolusi suatu gambar sampai ukuran yang ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ukuran data yang kecil pula tanpa mempengaruhi hasil foto/video.

Artinya gambar yang kita upload ke social media tidak selalu menggunakan resolusi penuhnya yang kita upload. Gambar yang dilihat adalah gambar hasil kompres dari foto yang sebenarnya.

Lantas, kamera dengan resolusi besar itu 'Sia-Sia'?

Social Media | pic by Telegraph

Bila dilihat dari media penyajian konten dan untuk social media, tentu terlalu besar. Ukuran yang di olah nanti tidak mecapai ukuran aslinya.

Lalu untuk apa? Resolusi besar akan menghasilkan detail gambar yang luar biasa. Sangat cocok untuk orang multimedia atau keperluan percetakan.

Untuk umum, untungnya resolusi penuh kebanyakan HP hanya dapat diakses di mode manual atau pro. Untuk auto, atau langsung jepret resolusi foto menjadi standar. Jadi tidak mubazir sumber daya.

Kesimpulan

Resolusi tinggi biasanya menghasilkan detail yang lebih baik. Seperti kita bahas sebelumnya, sangat cocok untuk seseorang yang sebagai fotografer, editing, cetak dan yang berurusan dengan multimedia.

Namun bila anda menggunakannya di social media, tidak perlu menggunakan resolusi sangat tinggi dari kamera untuk di upload. Sudah uploadnya lama, di kompres lagi, hasilnya juga tak jauh beda. Cukup memotret di mode auto atau resolusi sedang sudah sangat baik.

Terimakasih gan sudah membaca Megapixel Besar, Efektifkah untuk Sehari-hari? Menurut agan berapa sebaiknya resolusi standar untuk sehari-hari? Akhir kata



Matur nuwun
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar