BLANTERWISDOM101

Review Delcell COIL Powerbank: PB Besar Nan Cepat

02 Mei 2019
Oy gaes, ponsel pintar sekarang memang sudah tambah cepat dan keren. Tak hanya itu, penggunaan baterainya pun sangat awet dan berkapasitas besar. Tak heran rasanya sudah jarang mendengar Powerbank atau PB.


Namun tak bisa di hindari, bila kita pergi muncak untuk camping atau berpergian jauh dan tak ada colokan. PB sangat membantu sekali untuk menjaga HP kita tetap nyala. Tapi apakah ada PB yang awet berkapasitas besar dan ngecas HPnya cepat?

Mungkin ini salah satunya, baru-baru ini nemu PB yang berkapasitas gede plus bisa support fast charge 5V 2A dan port USB-C. Namanya Delcell, seperti apa? yuk ikuti gan!

Spesifikasi

Delcell, sebuah brand yang terdengar asing, setidaknya untuk saya XD, punya Powerbank dengan kapasitas 16000mAH dengan output 5V 2,4A, jadi ini real capacity. dan punya empat port. 2 USB 3.0, 1 micro USB dan 1 USB-C. Lumayan lengkap ini.

Spesifikasi Delcell Powerbank
- Baterai 16000mAh @5V 2,4A Ouput
- Port output: 2 USB 3.0, 1 USB-C
- Port input: 1 micro USB
- Layar Digital
- Casing Metal
- Warna: Hitam

Didalam box terdapat sebuah kabel charge micro USB, kartu garansi dan tentu Powerbanknya

Box Delcell

Design dan Hardware

Delcell punya layar Digital berwarna putih yang cukup terang. Layar ini punya informasi tentang presentase kapasitas PB sekarang, status IN untuk pengisian PB dan OUT untuk penyaluran energi, status besaran Ampere penyaluran energi (5V 1A atau 5V 2A).

Penampakan Powerbank Penampakan Powerbank Penampakan Powerbank Penampakan Powerbank

Dimensinya ya umum untuk kapasitas segini, sekitar HP 6 inch 18:9 kayaknya. Dengan baterai berkapasitas 16000mAh dilindungi dengan casing metal berwarna hitam.

Tes Pengisian HP

Dengan kapasitas besar, harusnya bisa nge-charge 3-4 kali. Yap benar sekali, saya mencoba mengisi Xiaomi Redmi 5A kapasitas 3000mAh dari 15 ke 100 dan hanya berkurang 28-30% saja (pasnya lupa :v). Waktu pengisian daya relatif sama bila dengan menggunakan charger stop kontak.

Tes Mengisi Redmi 5A

Output yang disalurkan ada dua mode, 5V 1A dan 5V 2A. Bila disambungkan ke HP yang support fast charge, Delcell akan mendeteksi dan otomatis memberikan mode paling besar, secara teori. Praktiknya belum bisa di uji karena tidak punya perangkat yang support wkwk :v

Tegangan tersebut harusnya tersalurkan lewat port USB-C nya. Tapi tidak menutup kemungkinan port USB 3.0 ini juga bisa 2A.

Pengisian bisa lebih dari satu perangkat, pengetesan dengan dua perangkat memberikan arus sama diindikator 5V 1A untuk kedua perangkat

Isi Ulang dan Kelemahan

Coba tebak berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk mengisi 16000mAH? 2?3? Saya coba mengisi kembali Delcell ini dengan charger 5V 1A mulai jam 11, dan dicek lagi saat magrib baru 53% teryata lama juga gaes :v Nah kira-kira berapa? Yuk kita hitang. Karena Voltasenya sama (charger dan PB), kita dapat menghitung langsung

16000mAh=16Ah maka => 16Ah/1A = 16h atau 16 jam pengisian dari nol ke seratus

Suwe tenan rek XD

Penampakan Powerbank

Woo tapi tenang, bila dilihat dari spek, Delcell inputnya support sampai 5V 2,4A. Artinya, PB ini bisa support sampai 5V 2,4A isi ulang. Lumayan bisa hemat waktu 50%+ :v  Tapi dengan arus 2A lebih, pengisian harusnya lewat USB-C. Berarti port USB-C di PB ini bisa in dan out?

Lanjut, kelemahan. Kelemahan PB ini ada tapi dirasa tidak berpengaruh banyak. Saat pengisian, layar digitalnya terus menyala. Sedikit mengganggu pandangan sebenarnya. Kemudian tidak ada tali yang bisa di pasang di PB ini. Untuk mengurangi resiko jatuh.

Kesimpulan

Yap smartphone sekarang memang awet-awet. Namun tak ada salahnya jika punya backup energi yang bisa dibawa kemana-mana.

Delcell COIL ini bisa menjadi pilihan pas di jaman sekarang. Dengan kapasitas besar, sudah support fast charge dan bahan casing yang tidak diragukan

Kelebihan
- Kapasitas besar 16000mAh
- Support fast charge @5V 2A
- Bahan metal
- Port melimpah taklupa dengan USB-C
- Garansi 2 tahun

Kekurangan
- Kapasitas yang besar membuat pengisian ulang PB memakan waktu lama
- Layar tidak mau mati saat pengisian atau memberikan energi
- Tidak ada tali pengaman

Nah gimana gaes? Sekian review kali ini tentang Powerbank delcell COIL. Oh ya harga, berhubung kurang tahu harga PB sekarang jadi tidak tahu murah atau tidak. 16000mAh delcell COIL ini dibandrol dengan harga 500rb kebawah.

Ok sekian dari saya segala kekurangan mohon maaf



Matur Nuwun
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar