BLANTERWISDOM101

Inidia, Fitur-Fitur Android Q Beta 3 Terungkap!

11 Mei 2019
Oy gaes, minggu ini si Mbah sedang sibuk mengadakan acara. Bukan acara bukber bersama keluarga, tapi ajang terbesar teknologi Google, Google I/O 2019. Lewat acara ini, Google memperkenalkan teknologi yang sedang dikembangkan.

Fitur-Fitur Android Q Beta 3

Salah satunya Android selanjutnya, Android Q. Apa saja fitur baru yang ditawarkan? Check it out!

Seperti dilansir dari judul, penerus Android Pie ini masih dalam tahap beta. Namun beta tahap 3 dan biasanya akan diresmikan September nanti. Dan Q disini masih nama kode dan belum tahu namanya nanti

Mensupport Perangkat Foldable

Yap, mungkin agan sudah melihat secercah dari masa depan yakni Galaxy Fold dan Mate X? Ya kemungkinan perangkat ini nantinya akan menjadi umum di masa depan. Android langsung sigap memberikan support untuk perangkat ini secara native. Baik UI/UX dan performanya


Tema Gelap

Yang terbiasa menggunakan tema mungkin biasa. Tapi baru kali ini Google menghadirkan tema gelap di Android yang merubah tampilan di hampir semua aplikasi. Namun tetap beda dengan tema, Mode gelap ini hanya mengganti warna background cerah menjadi gelap. Bila gadget agan OLED, maka diubah menjadi benar-benar hitam. Alasan utama untuk menghemat daya dalam penggunaan



Navigasi Gesture

Android kini mengubah gesture navigasi menjadi full tanpa tombol. Mungkin agan tidak kaget, Gesture ini hampir sama seperti di IOS dan Android yang menggunakan UI khusus (cth MIUI, ColorOS dll)

Smart Reply

Kembali ke Android 7 Nougat dimana kita bisa menjawab pesan lewat notif. Kini di Android Q telah ada Smart Reply, dimana sistem akan memberi rekomendasi pesan yang mungkin agan ingin tulis. Tapi sepertinya baru di bahasa Inggris.


Live Caption

Fitur ini memudahkan kita untuk mendapatkan subtitle atau caption untuk semua video yang kita tonton. Live Caption bekerja dengan cara mendeteksi mimik suara penbicaraan yang ada dan kemudian diubah menjadi subtitle. Seperti caption di Youtube


Live Caption sebenarnya ditujukan lebih ke para pengguna yang disabilitas, memudahkan untuk mengetahui informasi dari sebuah video. Yap, dan hebatnya lagi fitur ini tanpa menggunakan bantuan internet atau bisa dalam mode offline.

Focus Mode

Fitur terbaru Android Q ini memunngkinkan agan untuk menonaktifkan suatu fitur atau aplikasi yang menurut agan mengganggu pekerjaan. Fitur ini diharap membantu agan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa adanya gangguan dari ponsel.

Family Link

Fitur yang harus ada menurut saya. Family Link adalah fitur parenting untuk orang tua dalam membantu mengawasi anaknya dalam penggunaan ponsel sehari-hari. Dengan fitur ini, orang tua dapat informasi seberapa lama anak menggunakan ponsel, aplikasi apa yang sering digunakan dan dapat menset durasi penggunaan ponsel dan jadwal tidur. Namun juga ada fitur tambah waktu di sisi anak.


Peningkatan Keamanan dan Privasi

Android Q punya hampir 50 fitur baru untuk peningkatan keamanan. Salah satunya, pengaturan perizinan lebih transparan dan powerful. Mulai dari Android M kita bisa mengatur perizinan aplikasi, di Q ada tiga opsi perizinan. Satu Izinkan setiap saat, izinkan hanya saat aplikasi dibuka dan tolak perizinan.

Yap sangat bermanfaat mencegah aplikasi jahat yang ingin "mengintai" kita baik mencatat lokasi kita ataupun menggunakan kamera walaupun kita tidak menggunakannya.

Project Mainline

Setelah Project Treble, sekarang Project Minline. Proyek sasarannya untuk membantu perusahaan ponsel dalam mengadakan pembaharuan secara cepat dan mudah baik komponen internal atau aplikasi. Dilansir dari GSMArena, komponen internal OS akan di update di background lewat Google Play dan tanpa reboot untuk menyelesaikan update tersebut.

Nah itu tadi gaes Fitur dan Pembaharuan Android Q nantinya. Google juga memberikan Android Q beta ini ke 21 ponsel di 13 brand pembuat ponsel. Sekitar September Android Q akan di resmikan untuk di berikan kepada semua.


Pelajari lagi disini | Via


Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar