BLANTERWISDOM101

5 Trik Memperingan Android Studio di RAM 2GB! (Mungkin)

05 April 2019
Oy gaes, Android salah satu platform yang sangat populer di tahun - tahun ini. Hampir semuanya sudah ada aplikasinya, baik tool, sosmed dan game. Hmm agan pasti tahu peralatan pembuat aplikasi Android ini, Android Studio.

Memperingan Android Studio

Dan pasti tahu juga Android Studio membutuhkan resources yang besar. Tak hanya penyimpanan dan kuota, tapi juga prosesor dan RAM yang powerful. Nah jika agan punya kom/laptop dengan RAM 2GB nan dan prosesor seadanya (seperti saya :v). Ada sedikit trik memperingan kinerjanya. Yuk lanjuutttt...

Kenapa dipaksakan?

Yap pertanyaan pertama, kenapa harus dipaksakan? Kita tahu AS ini butuh sumber daya yang mumpuni juga. Dari beberapa sumber, spesifikasi yang di sarankan adalah Intel i5 atau setingkat dengan RAM 8GB. Besaar sekali.

Nah jika agan punya spesifikasi kurang dari itu dan ingin juga lanjut, hmm harus diperjelas motif agan :v. Kalau saya karena ingin coba - coba dan ingin buat belajar plus disamping punyanya laptop ini wkwk.

Nah kalau ingin memperdalam untuk dapat membuat aplikasi lebih serius ataupun proyek - proyek besar, sangat disarankan untuk upgrade spek.

Sudah tahu motif agan? Yaudah lanjut!


1. Tutup semua aplikasi

Yap pertama tutup semua aplikasi baik yang sedang dibuka atau yang berjalan di background. Hal ini sangat membantu melegakan RAM kita.


Oh bila sudah membuka Android Studio, usahakan jangan berganti window apalagi membuka tutorial di browser. Karena dipastikan nge-lag

2. Gunakan Aplikasi Minimem

Aplikasi ini gunanya untuk mengompress atau menekan penggunaan RAM oleh suatu aplikasi tanpa mengganggu fungsi aplikasi tersebut. Disamping melegakan RAM, biasanya membantu kinerja aplikasi yang dioptimalisasi. Caranya
a. Download dan Install Minimem
b. Buka Aplikasinya, lalu buka Android Studio


c. AS sudah dibuka lalu ke Minimem, disisi kanan cari studio(64)


d. klik tombol panah lalu Apply dan OK
Minimem sebenarnya dapat mengoptimalkan semua aplikasi termasuk system, agan bila menambahkan semua aplikasi yang berjalan bila agan mau. Pelajari lagi Minimem

3. Gunakan opsi Power Saver di Android Studio

Tidak terlalu rekomended, opsi ini akan membatasi proses background Android Studio itu sendiri guna menghemat energi. Selain hemat baterai, kadang merasa performanya agak lebih smooth dari sebelumnya.

Tapi opsi ini juga akan mematikan Code Assistant Tool atau fitur bantuan pendeteksi kesalahan dalam penulisan koding.

4. Sambil di charge (bila laptop)

Apakah bisa pengaruh? ya, prosesor tertutama Intel biasanya punya karakteristik unik. Untuk menjaga agar baterai tetap awet, Intel biasa menurunkan performa chitsetnya sedikit. Namun bila terdeteksi di charger, performanya akan di kembalikan sesuai kinerja maksimum prosesornya.

5. Gunakan ReadyBoost

Mungkin agan pernah dengar? Fitur dari Windows ini secara teori akan membantu peningkatan performa laptop atau komputer. Kita hanya perlu sebuah flashdisk. Apakah mebantu? Setidaknya dikutip dari Digital Citizen, ReadyBoost bisa membantu meningkatkan kinerja PC/Laptop apalagi di RAM 2GB.

Image by Digital Citizen
Hmm datanya menunjukkan lumanyan, kecil tapi lumayan lah. Yap daripada penasaran agan bisa langsung mecobanya. Saran saja pastikan pilih flashdisk yang cepat. Gunakan flashdisk USB 3.0 bila laptop/PC agan punya port USB 3.0.


Kesimpulan

Bagaimana gaes lebih lancarkah?. Ya itu tadi beberapa trik yang saya lakukan untuk tetap bisa ngoding nyaman tanpa lag di Android Studio.

Kalau penggunaan saya, not responding mulai jarang terlihat, tapi ya tetap ada :v Oh saran lagi jangan gunakan device virtual karena tetap tidak akan kuat, lebih baik pakai HP.

Ok sekian trik kali ini tentang Memperingan Kinerja Android Studio di RAM 2GB. Namun tetap trik paling ampuh adalah upgrade spek laptop wkwk. Sekian



Matur Nuwun

Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar