BLANTERWISDOM101

Free Download Manager Review: Lebih Baik dari IDM?

28 Maret 2019
Hai gaes, download atau mengunduh sesuatu dari internet sekarang sangatlah umum. Baik kita mengunduh berkas, gambar, vdeo, aplikasi dan lain - lain yang beraneka ragam ukurannya. Nah untuk ukuran besar kita biasa andalkan software download manager, kan?

FDM Review

Nah banyak sekali pillihan mesin pengunduh salah satunya Free Download Manager atau disingkat FDM namanya. Aplikasi gratis ini memberikan layanan dan fitur yang lumayan lengkap. Selain fitur utama mesin pengunduh super cepat layaknya IDM, ada yang lebih di FDM dari pada IDM. Langsung saja...

Note: FDM yang di review versi 5.1.38 Februari 2019

Tampilan & Feel

Free Download Manager mempunyai tampilan yang simpel dan modern. Memiliki menu - menu yang sederhana dan mudah digunakan. Tampilan awal kita disuguhkan dengan area siap mengunduh file. Toolbar dan fitur khusus mengatur kecepatan instan dan mode snail.

Tampilan Awal
Ada pula fitur tampilan malam juga, hura :v. Tampilan di pengatuan tetap simpel, list pengaturan langsung digabung jadi satu namun terdapat tab kategorinya. Tersedia pula bar pencarian untuk mencari pengaturan.


Informasi tentang file yang diunduh menyatu di dalam aplikasi utamanya (tidak seperti IDM). Setalah mendownload, list file yang sedang atau sudah di unduh akan tampil dalam menu utama.

Performa Download

Seperti halnya download manager lainya, FDM akan menangkap link untuk mengunduh filenya ataupun menambahkan link secara manual. Seperti biasa kita dapat mengganti lokasi filenya, dan menjadwalkan kapan untuk mulai mendownload.


Soal kecepatan download saya rasa tak jauh berbeda bila dibandingkan dengan IDM. Cepat dan tanggap lah, untuk kecepatan maksimal memang tergantung area, disini memang segitu gan wkwk :v

FDM juga memiliki fitur pembatasan kecepatan. Tak seperti kompetitor, pembatasan kecepatan dibagi menjadi tiga mode. High untuk kecepatan tanpa dibatasi, Medium untuk membatasi kecepatan menjadi medium (default dibatasi 512KBps), dan Low untuk untuk membatasi kecepatan menjadi Low (default 256KBps). Semua mode dapat dubah kecepatannya.


Snail Mode, Video dan Torrent Downloader

Fitur unik dari FDM, Snail Mode. Ketika mode ini aktif, FDM akan membatasi kecepatan download kita menjadi paling rendah, namun tidak sampai putus koneksi. Mode ini digunakan untuk tetap mempertahankan proses download tanpa mengganggu proses browsing kita.

FDM punya langkah simpel untuk mengunduh video Youtube. Tak perlu tunggu tombol unduh Youtube, Kita perlu salin saja alamat url video tersebut. Tempelkan ke FDM langsung pilih kualitas videonya.

Download dari Youtube
Selain Youtube, kita juga bisa mengunduh file Torrent langsung dari aplikasi ini.

Akhir Kata

Free Download Manager adalah salah satu aplikasi pengunduhan yang sangat powerful. Selain dengan tampilan modern dan downloader yang maksimal, juga sesuai namanya, gratis :v Jadi tak perlu pusing lisensi dan tentunya halal.

Kelebihan FDM

- Desain tampilan modern
- Mesin pengunduhan yang cepat
- Youtube dan Torrent downloader
- Gratis (tentu)

Kekurangan

- Ukuran besar
- Hanya browser populer yang support

Ok gaes sekian review kali ini tentang software Free Download Manager. Nah bagaimana gan, berani hijrah atau tetap ke pengunduh kesanyangan?


Matur nuwun!
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar