BLANTERWISDOM101

Diskus: Pilih Beli HP Flagship Lawas atau Midrange Terbaru?

12 Maret 2019
Oy gaes, seiring berjalannya waktu pasaran smartphone kian berkembang pesat. Banyak sekali produk - produk terbaik nan mahal (flagship) dan produk ciamik nan murah (midrange / low-end) ditawarkan dipasaran.

Ilustrasi | pic from Android Central
Flagship biasanya memiliki spek TerTinggi dan dukungan terbaik dari setiap pabrikan. Sementara Midrange / Low-end biasanya sangat populer karena memiliki spek apik dengan harga terjangkau.

Nah ada situasi dimana kita bertemu flagship lawas sama harganya dengan midrange - midrange sekarang. Akankah kita pilih smartphone idaman harga murah atau midrange baru yang jelas masih lama dukungannya? Yuk simak berikut ini:

Desain dan Kualitas Body

Bicara soal desain memang pribadi masing-masing tentunya berbeda-beda. Desain flagship lawas apalagi saat transisi ke layar yg lebih lebar terasa agak tertinggal. Seperti contoh jika kita lihat Galaxy S7 dulu lalu ke Galaxy M20?. Hmm terasa berbeda.

S7 & M20 | pic from AndroidPit & Gadget Now
Bicara soal kualitasnya sendiri, flagship lawas menurut saya memiliki kualitas body yang lebih mantap dibanding midrange sekarang. Namun dengan catatan kondisi baru vs baru :v Bila flagship lawas bekas tetap tergantung kondisi bekasnya.

Performa

Bicara soal performa Flagship lawas masih dapat kokoh memberikan performa terbaik. Untuk menggambarkan kita ambil contoh kasus. Seperti contoh dengan harga 2jt-an kita dapat flagship tahun 2014 Xperia XZ Docomo(?) seken dan Redmi 5 Plus baru. Bila diadu secara benchmark agan bisa lihat dibawah ini

Redmi 5 & Mi A1 vs Xperia XZ | pic from White Apple & Youtube
Bila dicek scorenya punya jarak hampir 2x nya gan! Yap flagship memang masih mantap :v

Baterai

Sama seperti HP bekas pada umumnya, flagship lawaspun akan berkurang keawetan baterai. Tentu karena faktor usia dan pemakaian. Keawetan memang lebih awet HP-HP baru.

Perangkat Lunak, Dukungan dan Purna Jual

Disisi perangkat lunak flagship biasanya tidak didukung sepenuhnya lagi oleh pabrikan. Baik pembaharuan Android ataupun keamanannya. Pabrikan umunya punya kebijakan men-support hanya sampai 2 tahun, dihitung dari tahun rilisnya.

Android Pie | pic from AndroidGuys
Nah berbeda dengan Midrange baru keluar, tentunya masih mendapat dukungan dari pabrikan. Ditambah penggunanya yang lebih banyak, akan semakin mudah dalam mendapatkan dukungan.

Yang digunakan pasti bisa rusak, begitu pla HP. Nah untuk flagship lawas harap berhat-hati. Flagship lawas biasanya dijual seken atau bekas, nah jadinya memang rawan mengalami kerusakan. Perbaikan sendiri akan terasa sulit dilakukan. Selain harga komponenya yang mahal karena flagship, juga ketersediaanya sulit / jarang mengingat HP tahun lawas.

Berbeda sekali untuk midrange baru rilis. Selain masih melimpahnya komponen - komponen untuk perbaikan, garansi masih bisa diklaim.

Harga bila dijual sangat berbeda. Bila sama seperti HP lawas, flagship lawas biasanya akan jatuh dan harganya tidak stabil. Berbeda dengan Midrange atau semua HP baru rilis, harganya bila kita jual lagi tidak terlalu jatuh dari harga barunya.

Kesimpulan

Dalam komparasi selalu ada kekurang kelebihan masing-masing. Bisa kita simpulkan, Flagship punya kelebihan peforma, kualitas bahan dan tentunya "flagship".

Kelebihan Flagship Lawas

- Kualitas bahan material yang masih kokoh
- Performa masih super kencang
- Fitur-fitur (kamera, audio, dll) kualitas atas
- HP "Flagship"

Kekurangan

- Perangkat lunak dan keamanan tidak lagi up-to-date
- Komponen perngkat yang mahal dan sulit dicari
- Baterai sudah tidak awet

Midrange baru tentunya desain modern, kualitas baik, software dan dukungan serta harga jual masih tinggi.

Kelebihan Midrange Baru

- Desain yang modern
- Dukungan pembaruan software dan keamanan
- Harga jual masih tinggi
- Perbaikan atau penggantian komponen masih mudah
- Garansi

Kekurangan

- Performa cepat tapi masih kalah dengan flagship lawas
- Kualitas material belum sebaik flagship lawas

Jadi bagaimana gan? Kalau menurut saya Flagship cocok untuk agan yang mencari performa, DIY dalam perbaikan, pakai tidak dijual lagi. Sedangkan midrange baru cocok untuk agan yang cari aman, baik budget dan dukungan dan ingin tampil trendy.

Ok gaes demikian artikel diskus kali ini tentang Pilih Beli HP Flagship Lawas atau Midrange Terbaru? Segala kekurangan mohon maaf. Mungkin ada yang keliru atau pendapat lain atau ingin share pengalaman, monggo komennya gan. Like dan share bila bermanfaat. Sekian



Matur Nuwun
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar