BLANTERWISDOM101

Ngeteniki, Cara Mengetik Aksara Jawa di PC atau Laptop

22 Februari 2019
Oy gaes eh sugeng enjang, siang utawi dalu dulur-dulur Yiahaha.. :v Bahasa jawa untuk kita orang jawa merupakan bahasa yang biasa kita pakai dalam keseharian. Baik sama teman, kebarabat atau sesama orang Jawa. Baik di kampung sendiri maupun di perantauan. Selain sebagai obat rindu saat di perantauan, menggunakan bahasa daerah juga membantu melestarikan budaya kita.

Aksara Jawa

Selain tata bahasa, Jawa pun punya huruf dan tulisannya sendiri namanya Aksara Jawa atau Java Script (bukan yang koding lho XD).

Untuk bahasa dan lokalisasi perangkat sekarang-pun sudah lumayan lengkap mensupport bahasa daerah, contoh di Google ada bahasa Sundanese dan Javanese. Ya memang untuk bahasa daerah yang lebih mendalam seperti Java Script atau Aksara Jawa ini belum banyak di support. Nah kali ini kita akan bahas cara mengetik aksara Jawa di PC gaes, monggo.

Aksara Jawa Resmi di Windows

Di Windows (saya pakai yang 10) ternyata sudah ada pilihan pengetikan untuk bahasa jawa lur, baik yang jawa alphabet atau yang aksara. Caranya:
1. Buka Pengaturan > Time dan Region (Waktu dan Bahasa) > Region & Language lalu klik Add Language

(Klik untuk memperbesar)
2. Di pencarian ketik "Java" tanpa petik

(Klik untuk memperbesar)
3. Nah pilih yang aksara Jawa
4. Tunggu dan Install
(Klik untuk memperbesar)
Selesai terpasang lalu kita aktifkan
5. Tekan + spasi lalu ganti pengetikan ke Javanese


Sangat praktis apalagi resmi dari Windows. Namun untuk pengetikan masih kurang akurat, karena fontnya sendiri bersifat tetap jadi sandangannya belum ada. Nah untuk itu kita lanjut solusi berikut


Pasang Font Hanacaraka

Yap kita perlu install font namanya Hanacaraka, langsung berikut
1. Download font Hanacaraka disini
2. Buka filenya lalu install
3. Selesai, untuk mencobanya buka MS Word
4. Ubah fontnya ke Hanacaraka


5. Mulai tulis sesuatu dan done


Font ini saya rasa sangat mendekati dibanding bawaannya Windows. Tapi karena hanya font, belum bisa menjadi tampilan di sistem. Untuk pengetikan dan desain bisa digunakan, tapi untuk pengetikan biasa di browser dan aplikasi lain belum bisa.

Semua aksara dan penempatan keyboard bisa dipelajari disini.


Kesimpulan

Demikian dulur-dulur artikel tentang Cara Mengetik Aksara Jawa di PC / Laptop kali ini. Memang solusi diatas belum sempurna, mungkin mas"- mbak" punya solusi lain yg lebih ces pleng? Ok sekian, segala kekurang mohon maaf, like dan share bila bermanfaat :D


Matur Nuwun
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar