BLANTERWISDOM101

Review Smartfren Andromax Prime: Bukan HP Biasa

10 Januari 2019
Hai gaes, Smartfren pada tahun 2017 memperkenalkan salah satu Hp fitur yang unik. Tak hanya menyematkan fitur menarik yakni bisa WhatsApp-an, namun Smartfren Andromax Prime ini sudah berbekal 4G dan bisa jadi hotspot-an. Yap dan dengan harga 200rb an saja!

Andromax Prime

Spesifikasi Smartfren Andromax Prime

Layar 2,4 inch 240x320
Baterai 2000mAh
OS MocorDroid 4.4
Internal 4GB
Kamera Belakang 2MP + depan VGA
Keypad 3x3 input
Lainnya: Bluetooth, WiFi, MicroUSB, jack audio, senter
Warna: Hitam

Bagaimana gaes? Yuk langsung nyelam kuy!

Desain dan Feel

Impresi pertama Andromax Prime ini berbeda dari hp fitur lainnya, hp ini berukuran lebih besar dari hp fitur lain bila di bandingkan.

Desain Andromax Prime Desain Andromax Prime Desain Andromax Prime Desain Andromax Prime

Desain simpel, dan dimensi yang besar menjadikan feel menggunakan hp ini lumayan nyaman.

Hp ini berbahan plastik dengan perlindungan layar yang baik, seperti kaca tapi belum sekuat kaca. Namun sayang, Smartfren hanya menyediakan varian warna hanya hitam saja.

Layar dan Keypad

Dengan spesifikasi layar 2.4 inch TFT, hmm lumayan lah dalam penggunaan. Layarnya tidak terlalu terang dan bila dilihat dari samping masih terbaca tapi jika dilihat dari atas dan bawah kurang baik.

Layar Andromax Prime Keyboard Andromax Prime

Penggunaan tombol relatif nyaman lah, dalam mengetik mungkin butuh penyesuaian bagi yang sudah biasa dengan layar sentuh.

Software dan Penggunaan

Impresi pertama Andromax Prime ini memang serasa seperti hybridnya Android dan hp fitur. Beranda dan menu seperti hp fitur pada umumnya. Nah bila masuk ke pengaturan tampilan yang disuguhkan seperti pengaturan di Android.

UI Andromax Prime UI Andromax Prime UI Andromax Prime UI Andromax Prime

Andromax Prime ini menggunakan OS namanya Mocordroid 4.4, ya menggunakan OS. Dengan RAM kurang lebih 512 MB dan internal 4GB. Untuk menambah memori, juga tersedia slot MicroSD.

Notifikasi Andromax Prime Aksi Cepat Andromax Prime

Hmm bedanya dengan hp fitur biasa, Prime ini terdapat panel pemberitahuan dari aplikasi dan menu cepat seperti Layaknya Android.

Aplikasi dan fitur yang ada masih seperti hp fitur pada umumnya. Pemanggilan, SMS, senter, kalkulator, kamera, dan sebagainya. Bedanya Andromax Prime telah di sematkan aplikasi WhatsApp untuk ber wa ria. Lainnya hp fitur ini sudah ada perangkat wireless WiFi dan bisa di tethering.

Konektivitas

Andromax Prime ini memiliki Bluetooth  dan Wifi. Untuk kartu SIM hanya satu SIM seperti biasa di lock hanya untuk kartu Smartfren saja.

Speaker

Loudspeaker Andromax Prime ini cukup keras. Dengan 4 pengaturan volume yakni nada dering, pemberitahuan, musik dan aplikasi, terakhir alarm. Yap sistem pengaturan volume yang berbeda, mirip di Android.

Volume Andromax Prime

Namun sayang tidak ada tombol volume untuk mengatur volume di luar aplikasi.

Kualitas suara jangan ditanya untuk segmen ini, yap kurang jernih dan ada noise di volume tinggi. Ya untuk fungsi di kelasnya, speaker sudah cukup baik untuk menandakan informasi yang masuk.

Baterai

Dengan baterai 2000mAh penggunaannya bisa dibilang cukupan.  Dengan data hidup dan tethering hotspot dinyalakan, bisa mencapai 7-8 jam, penggunaan wifi untuk streaming dan kadang download. Mungkin bisa lebih bila jika digunakan hanya untuk telepon dan sms.

Kamera

Yap Andromax Prime ini telah disematkan 2MP untuk belakang dan VGA untuk depan. Untuk kualitas memang jangan jagokan di segmen harga ini, namun overall cukup untuk basic harian.

Kamera Andromax Prime

Kedua kamera menghasilkan foto yang baik dengan kecerahan dan ketajaman yang cukup. Video juga tersedia dalam resolusi 480p untuk belakang dan VGA untuk depan. Contoh foto belakang:

contoh jepretan Andromax Prime contoh jepretan Andromax Prime

Kesimpulan

Nah gimana gaes dengan Smartfren Andromax Prime ini? Dari review diatas bisa kita simpulkan

Kelebihan

- Hp fitur 4G LTE murah
- Bisa tethering hotspot
- Fitur aplikasi WhatsApp dan Facebook
- Dua kamera, depan dan belakang
- Baterai tahan lama

Kekurangan

- Satu SIM dan di lock, hanya bisa dijaringan Smartfren
- Aplikasi terbatas, tidak bisa Install aplikasi Android
- Hotspot masih dibatasi
- Tidak ada tombol volume suara

Nah bila agan bosan dengan hp sekarang atau mau nostalgia menggunakan hp jadul tapi ingin fitur sekarang atau mau beli MiFi dengan baterai lebih besar, bisa nih pilih Andromax Prime.

Yak sekian gaes review Smartfren Andromax Prime ini. Bila ada salah kata mohon maaf dan apabila ada pertanyaan monggo komen dibawah. Share bila bermanfaat dan sampai jumpa...
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar