BLANTERWISDOM101

Waspadai "Serangan" Fanspage Palsu

30 Desember 2018
Baru baru ini saya menemukan beberapa akun fanspage menarik. Bukan karena konten tapi tentang motif pembuatan akun tersebut.


Tak terasa kita telah dipenghujung tahun, tapi entah bagaimana sebagian kita malah terus berbuat dosa-dosa. Astagfirullah

Yap kejahatan yang satu ini bisa saya sebut licik yang tidak disadari. Menggunakan kesempatan untuk meraup keuntungan dunia semata.

Waktu browsing santai di Facebook saya menemukan ada teman grup share suatu post dari halaman fanspage.

Post itu berisi tentang lomba akhir tahun untuk mendapatkan salah satu produknya dengan cara like share di grup sebanyak 3 kalau tidak salah.

Contoh lomba

Coba iseng iseng buka halamannya isinya ealah :v

Halaman tersebut ternyata halaman baru dan berisi post nya kebanyakan berkaitan dengan lomba lomba tadi. Dari promo lagi sampai gambar pemenang lomba, katanya :v

Apa tujuan mereka sebenarnya?

Kemungkinan ada tiga, satu penipuan klasik, dua iseng, ketiga menjual lagi akunnya. Hmm? Kalau kita selami didunia marketing pasti akan tahu. Yap like dan share.
Pada zaman sekarang, jika kita memiliki produk tentu kita juga akan punya fanspage atau halaman di media sosial. Halaman ini yang bisa sebagai sumber informasi dan media promosi yang lebih baik.

Tentu paling senang jika halaman kita bisa memperoleh like yang tinggi dan aktivitas timbal balik yang aktif (share dan komen).

Namun ada saja oknum yang tidak mau peduli yang penting bisa mendapat apa yang mereka inginkan. Di dunia Internet yang liar disana ada yang menjual like, followers atau subscribe, waduh.

Namun bisanya yang dijual hanya angka (setahu saya). Like banyak tapi setiap post like, komentar dan share sepi. Karena isinya bot atau robot.

Nah beda lagi sama kasus diatas. Like, komen dan share adalah kita, para pengguna beneran. Mungkin setelah dapat like yang mencukupi, bisa saja akan menjual fanspage tadi untuk oknum yang berminat.

Kalau semisal sudah terjual lalu diganti nama? Kita bisa jadi like sesuatu yang tidak kita inginkan haduh....

Nah berikut sedikit tips terhindar dari fanspage palsu ini
1. Fanspage asli seperti biasa selalu ada centang biru di semua akun resmi mereka


2. Akun resmi: bahasa yang digunakan unik dalam setiap post mereka (tidak kaku)
3. Post telah banyak dan aktif. Akun sudah berumur alias bukan baru buat tentunya (untuk brand besar)


Kesimpulan

Bila benar tujuan mereka untuk ya kejahatan, malah berbanding terbalik dengan sekarang. Yap, tenyata kita telah di penghujung tahun, lagi, sudah berkurang satu tahun, lagi, kontrak hidup yang kita jalani. Ayo, kita jadikan sisa hidup kita untuk hal yang lebih bermanfaat.

Akhir tahun negara kita terus di beri cobaan dan di daerah yang cukup terkenal. Allah telah mengingatkan kita dengan musibah yang terjadi di negeri ini. Allah telah menanyakan:

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka)...(QS. Al-Hadid:6)

Terima kasih, semoga bermanfaat
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar