BLANTERWISDOM101

Perbandingan iPhone XS vs iPhone X: Kembar yang Berbeda

17 September 2018
Oy gaes. Baru beberapa hari lalu Apple memperkenalkan beberapa smartphone (atau mungkin iPhone) terbarunya yakni iPhone XR, XS dan XS Max. Trio ini akan menggantikan iPhone versi sebelumnya si iPhone 8, 8 plus dan X di tahun lalu. IPhone baru ini tentu membawa beberapa fitur baru dan sesuatu yang special ditawarkan daripada yang lama.

iPhone  XS vs iPhone X Ilustrasi
iPhone XS | iPhone X

Namun seperti tradisi, bila yang baru muncul yang lama akan sirna wkwk. Yap dengan diperkenalkan si trio otomatis iPhone lama akan turun harga, yey.

Nah kali ini kita akan membandingkan iPhone yang menarik antara iPhone XS dan iPhone X. Kenapa menarik? Langsung selami saja kuy!

Desain

Desain dari iPhone terbaru XS ini benar - benar mirip alias plek dengan generasi sebelumnya iPhone X. Bila di pandang sulit membedakan mana yang X mana Xs. Bahkan "poni" iconik Apple juga identik sama persis, wow.

Desain XS dan X

Berdimensi sama 143.6 x 70.9 x 7.7 mm lansiran GSMArena, menjadikan keduanya kembar. Apalagi dengan berat hampir sama, XS memiliki berat 177g dan X 174g cuman 3g saja. Lainnya sama perlindungan kaca depan dan belakang, fitur Face ID. Namun masih tanpa jack headset dan Touch ID, mungkin kedepannya sudah tidak ada lagi.

Layar

Sama - sama memiliki 5.8 inch beresolusi Full HD lebih dikit 1125 x 2436 pixel dengan aspect ratio sama 19.5:9. Dengan panel Super AMOLED sama - sama support HDR, namun Apple mengklaim si XS diklam lebih apa ya, luas pandangannya dalam warna dan shadow (dynamic range) 60% dari layar sebelumnya.

Layar iPhone XS dan XS Max

Perbedaan lain, layar pada iPhone XS telah disematkan fitur 120Hz refresh rate untuk sensor tochscreennya. Fitur baru ini akan menghasilkan pengalaman sentuh yang lebih baik dari sebelumnya. Perlu diingat gaes 120Hz ini bukan refresh rate layar seperti Razer.

Senjata

Disni semuanya berbeda. iPhone XS telah disenjatai chiset terbaru Apple A12 Bionic. Chipset 7nm pertama didunia yang memiliki hexacore (enam inti) dengan 2 inti besar dn 4 inti kecil. Semua sepaket dengan 4 inti GPU dan 8 inti baru neural engine.

Fitur Apple A12 Bionic

Chipset dengan 6,9 miliyar resistor ini diklam 15% lebih cepat dan 40% lebih efisien dari A11 (chipset iPhone X).Belum lagi Graphic Processing Unit (GPU) 50% lebih cepat dan tangguh.

Semuanya didukung dengan RAM 4GB. Lebih banyak 1GB dibanding dengan iPhone X.

Kamera

Keduanya punya kamera yang mirip. Sama - sama 12MP f/1.8 combo dengan 12MP f/2.4 telephoto. . Sama - sama dapat merekam sampai 4K 2160p @60fps. Sama memiliki quad LED flash, dengan desain dan penempatan kamera yang mirip.


Perbedaannya, iPhone XS menggunakan sensor kamera terbaru. Dengan ukuran lebih besar, diagonal 1/2.55 inch dengan ukuran pixel lebih besar 1.4µm (1.22µm di X). Dengan algoritma baru, diklam lebih baik dalam potret bokeh (blur dibelakang) dan fitur HDR otomatis atau Smart HDR baru dapat menghasilkan gambar yang cerah dan sedikit bayangan. Wait, ada lagi kini iPhone baru ini dapat merekam video HDR dengan suara Stereo.

Kamera depan masih sama dengan resolusi 7MP dengan lensa f/2.2, namun dengan peningkatan sensor yang lebih cepat performanya pada XS.

Lainnya

Apple juga mengklaim menyempurnakan kualitas speaker iPhone XS ini. Fitur lainnya, XS merupakan iPhone pertama yang support "dual SIM". Yap dengan petik dua, dual SIM disini adalah SIM regular biasa dan e-SIM. Es SIM?

e-SIM adalah pengembangan terbaru dari teknologi telekomonikasi. Fungsinya memungkinkan pengguna (kita) dapat menggunakan atau mengganti operator seluler (Tsel, Isat, etc) tanpa harus beli kartu perdana lagi, tinggal mengganti operator langsung dari smartphone kita, baca lagi (inggris).

Teknologi ini memang baru dan keren, namun masih beberapa negara saja yang support dengan e-SIM ini. Di lansir dari detik.com, di Indonesia sendiri lewat Telkomsel sangat terbuka dengan inovasi baru ini (e-SIM), namun belum tahu kapan bisa di implementasi. Hmm iPhone XS ini berarti lebih ke future proof gaes.

Harga

Terkhir harga, sangat berat tapi ini dia. iPhone X kembali kita ingat, smartphone paling mahal yang pernah ditawarkan Apple. Nah si iPhone XS kembali dengan harga yang sama dengan iPhone X saat meluncur yakni $1000 atau 14,8 nan jt jika dikurs langsung. Kemungkinan harga masuk di Indonesia mulai 15 jutaan

Di lansir dari CNN, harga iPhone X sendiri turun sekitar 300 - 750 rb atau paling murah 14,250 dari harga awal 15 jt. Sangat tipis sekali selisih harganya gaes.

iPhone XS

Tapi sebagai pengingat saja, dengan harga segitu  kita bisa untuk yang lain gaes yang lebih bermanfaat. Bisa untuk beli es teh kalau haus :v, beli kuota internet juga boleh :v, bayar hutang lebih bagus gaes. Lebih bermanfaat lagi 14 jt untuk membantu saudara - saudara kita di Lombok gan, yang benar - benar membutuhkan 👍.

Ya semua kembali ke agan, monggo. Nah jika masih minat, saran saja jangan beli iPhone X dulu.  Lihat harga dan mungkin bonus yang ditawarkan jika beli iPhone XS. Nah bila sangat worth mending ke XS, apalagi sudah e-SIM.

Last jika ingin membeli si iPhone XS, kita masih menunggu akhir September atau awal Oktober nanti untuk masuk di Indonesia. Akhir kata belanja yang bijak gaes 👍 Siap mohon maaf bila ada kesalahan gaes. Adios!



Referensi GSMArena
Gambar: berbagai sumber
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar