BLANTERWISDOM101

Cara Backup dan Sync Data Komputer ke Cloud Google Drive

14 Juli 2018
Hai guys, pernah kehilangan data yang sangat berharga? Foto, video kenangan? atau mungkin tugas kantor atau bahkan tugas sekolah? Tenang njenengan tidak sendiri. Nah ada solusi untuk membuat data kita tetap aman dan nyaman. Caranya kita backup data ke Cloud. Gimana? Check it out!

Driver

Kita akan menggunakan layanan namanya Drive dari mbah Google. Penyimpanan awan gratis dari Google dengan kapasitas besar 15GB, dan kebanyakan pengguna Andoid punya. Nantinya kita akan install Backup & Sync di Laptop kita.

Nah pertama pasti bertanya Bedanya dengan upload biasa di Drive?

Memang kita bisa mengupload file manual, kita memilih file lalu seret untuk upload. Tapi apabila ada file baru lagi, kita bingung harus memilah lagi file lama dan baru. Nah bila pake Sync, Drive akan menscan file baru lalu otomatis menguploadnya. Eitt.. bukan itu saja.

Manfaat lain

- Upload otomatis ke Drive
- Mendeteksi file baru atau yang dimodifikasi
- Akses file dari mana saja
- Tanpa repot dan praktis

Nah lumayan kan? Wes langsung wae ini dia:
1. Pertama kita Download & install Google Drive versi PC disini. Pilih yang personal


2. Ikuti instruksi
3. Set folder mana yang akan kita backup


4. Selesai, lihat ikon kanan pojok dan backup otomatis dimulai


Ingat upload akan otomatis dilakukan dimana akan banyak memakan bandwidth internet. Namun upload otomatis dapat juga di pause
Nah selesai kini komputer anda telah terhubung dengan Drive. Jangan lupa file penting baru tetap kita taruh di folder yang tadi kita pilih.

Ok guys selesai tutorial kali ini tentang Backup dan Sync Data Komputer ke Cloud Google Drive. Pertanyaan silahkan langsung komen di bawah



Semoga Bermanfaat
Share This :
Feriansyah


"Remember, the Light is brighter than the Dark"

0 komentar